8 Manfaat Daun Sirsak , Mulai dari Pencegah Kanker hingga Tingkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

- 16 September 2020, 13:05 WIB
Daun sirsak /pikiranrakyat.com


GALAMEDIA - Siapa yang tak kenal sirsak. Rasa Buah yang satu ini manis tapi ada juga yang sedikit masam, tapi segar kalau dimakan. Btw, selain buahnya yang baik untuk kesehatan, ternyata daun sirsak juga memiliki banyak khasiat. Jarang diketahui, ternyata banyak manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang bisa kamu dapatkan selain dari mengonsumsi buahnya.

Beberapa manfaat itu di antaranya adalah mencegah kanker, antiinflamasi, pengobatan diabetes, dan masih banyak lagi. Yuk, simak delapan manfaat daun sirsak untuk kesehatan berikut ini seperti yang dilansir dari laman gooddoctor.co.id:

1. Pencegahan kanker
Sebagian masyarakat Indonesia menggunakan daun sirsak sebagai obat tradisional untuk mengobati kanker. Ini sejalan dengan penelitian para researcher dari UT Southwestern Medical Center yang menyebutkan bahwa daun sirsak cukup efektif untuk membunuh sel-sel kanker.

Baca Juga: Mencuci Buah dan Sayur Menggunakan Sabun, Amankan? Ini Panduannya yang Wajib Diketahui

Daun sirsak, atau yang juga dikenal dengan graviola, mampu menghambat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh manusia hingga 80%. Kandungan asetogenin pada daun sirsak memiliki sifat anti-kanker.

Selain untuk pencegahan, daun sirsak yang telah diolah menjadi ekstrak juga mampu membantu dalam penanganan atau pengobatan kanker. Senyawa asetogenin dapat menghambat penyebaran sel kanker dan membuat sistem metabolisme tubuh meningkat.

Perlu kamu ketahui, asetogenin adalah senyawa yang unik, memiliki kemampuan menghancurkan dan membunuh sel-sel kanker tanpa merusak sel-sel lain di dalam tubuh yang masih sehat. Ini yang membuat daun sirsak banyak digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan tradisional kanker.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Naik. Ketahuilah Faktor-faktor Ini yang Menjadi Penyebabnya

2. Daun sirsak sebagai anti-inflamasi
Tidak hanya pencegahan kanker, manfaat daun sirsak untuk kesehatan yang tidak boleh dianggap enteng adalah sifatnya yang sebagai anti-inflamasi.

Sebuah penelitian di Brazil menyimpulkan bahwa daun sirsak bisa berfungsi sebagai anti-racun. Dalam hal ini, dapat meredakan peradangan pada tubuh manusia.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X