Siapa Bilang Penderita Diabetes Tak Bisa Makan Enak, Nih 9 Sayuran yang Aman Dikonsumsi

- 16 September 2020, 13:43 WIB
Ilustrasi sayur-sayuran. /PEXELS/Magda Ehlers


GALAMEDIA - Siapa bilang penderita diabetes tidak bisa makan enak? Buktinya, ada banyak sayuran untuk penderita diabetes yang aman, lezat, dan sehat untuk dikonsumsi.

Sayuran memiliki serat dan kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, terutama untuk penderita diabetes. Beberapa jenis sayuran juga rendah akan gula sehingga diabetes dapat dikontrol dan kesehatan tubuh terjaga.

Oleh karena itu, mari kenali berbagai macam sayuran untuk penderita diabetes yang aman dan baik untuk dikonsumsi seperti yang dikutip dari laman sehatq.com:

Baca Juga: Prabowo Subianto Terus Dikuntit Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil Geser Anies Baswedan

Kriteria sayuran untuk penderita diabetes
Tidak semua sayuran aman dikonsumsi untuk penderita diabetes. Dengan mengenal beberapa kriteria berikut, para penderita diabetes dapat memilih sayuran apa yang paling baik untuk mereka.

Indeks glikemik rendah
Sayuran untuk diabetes harus tergolong dalam makanan dengan indeks glikemik rendah. Itu artinya, makanan yang dikonsumsi tidak akan meningkatkan kadar gula darah dan insulin di dalam tubuh. Sebab, tidak semua sayuran tergolong dalam makanan dengan indeks glikemik rendah.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini 16 September 2020

Mengandung nitrat
Sayuran untuk diabetes harus mengandung nitrat alami karena senyawa ini dipercaya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Perlu diketahui, penyakit diabetes erat hubungannya dengan tekanan darah tinggi. Sebab, diabetes bisa merusak pembuluh darah dan menyebabkan aterosklerosis.

Mengandung protein
Makanan yang mengandung protein tinggi dapat membantu penderita diabetes merasa kenyang lebih lama. Dengan begitu, mereka tidak akan makan berlebihan dan kadar gula darahnya terjaga.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Naik. Ketahuilah Faktor-faktor Ini yang Menjadi Penyebabnya

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X