Cek List: Ini Persediaan Obat dalam Kotak P3K Selama Musim Pandemi Covid-19

- 16 September 2020, 14:33 WIB
Obat yang harus ada di Kotak P2K saat pandemi. Foto ilsutrasi /

GALAMEDIA - Baik saat pandemi Covid-19 seperti sekarang maupun tidak, persediaan obat di rumah atau di kotak P3K wajib ada. Terlebih selama pandemi, apalagi saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) Anda tentu tidak disarankan untuk terlalu banyak keluar rumah, kecuali jika memang benar-benar perlu.

Maka dari itu, untuk meminimalisir bepergian karena harus beli obat, lebih baik sejak awal menyediakan stok obat dan alat medis yang memadai.

Pandemi Covid-19 membuat banyak rumah sakit penuh, para dokter kewalahan dan tidak jarang, perawatan untuk pasien-pasien dengan kondisi lain, jadi sedikit mengalami hambatan.

Baca Juga: Deddy Corbuzier Ngaku Merinding, Syekh Ali Jaber Beberkan Insiden Penusukan Secara Detail

Maka dari itu, Anda perlu melengkapi persediaan obat-obatan dan alat medis sendiri di rumah, untuk berjaga-jaga apabila ada penyakit yang menghampiri. Berikut ini yang sebaiknya selalu disediakan seperti yang dilansir dari sehatq.com.

1. Termometer
Demam adalah gejala pertama yang paling sering muncul pada orang yang terinfeksi Covid-19. Sehingga selama masa pandemi, penting bagi Anda sekeluarga untuk memiliki termometer sendiri di rumah.

Jadi saat ada anggota keluarga yang mulai menunjukkan gejala seperti batuk, diare, atau ruam, Anda bisa langsung memeriksa suhu tubuhnya. Jika hasilnya menunjukkan suhu yang lebih tinggi dari 37,2 °C atau demam, maka segera hubungi fasilitas kesehatan terdekat untuk meminta pemeriksaan Covid-19 sambil terus memberi obat penurun panas untuk meredakan gejalanya.

Baca Juga: Cek Fakta: Ini Beberapa Risiko Penyakit Orang dengan Golongan Darah A dan Cara Mengatasinya

2. Paracetamol atau obat demam lainnya
Seperti yang telah disebutkan di atas, selama pandemi, kondisi demam perlu ditangani sesegera mungkin. Menyimpan obat penurun panas seperti paracetamol atau acetaminophen adalah hal yang penting dilakukan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X