Tahu Tidak? Selain Bikin Cantik, Pakai Jilbab Juga Menyehatkan

- 16 September 2020, 15:28 WIB
Ilustrasi jilbab. /Instagram.com/@ra_info

GALAMEDIA - Akhir-akhir ini, fenomena berjilbab semakin nget-trend, bahkan kini sedang menjadi trend center dunia fashion. Di Indonesia sendiri, mulai dari kalangan artis hingga masyarakat biasa mulai banyak yang memakai jilbab.

Jilbab merupakan kata yang tidak asing lagi di dengar. Suatu kain yang berfungsi sebagai penutup aurat wanita agar terhindardari maksiat.

Menurut buku“ Tahu Ga Sih Islam Itu Sehat? ¬_ hal-295 _ oleh dr. Faza Khilwad Amna, MMR dan dr. Hendrik Okarisman” Selain itu, masih ada manfaat yang terkandung dengan menggunakan jilbab, yaitu dari aspek Kesehatan. Selain memang dianjurkan oleh Allah Swt dan Rasul-Nya untuk berjilbab, ternyata ada manfaat luar biasa di balik itu semua.

Baca Juga: PSBB Diterapkan di Jakarta, Ini Pendapat Wanita Emas

Apa saja?. Sebenarnya, apa pengertian hijab? Bedakah dengan jilbab? Sebelum membahas lebih jauh, mari kita kupas satu persatu terlebih dahulu, biar tidak ada perbedaan persepsi.

Hijab dalam Bahasa Arab berarti pengalang. Secara istilah, hijab diartikan sebagai tatacara berpakaian yang sesuai tuntunan agama. Jilbab berasal dari akar kata jalaba, dalam Bahasa Arab berarti menghimpun atau membawa. Secara istilah, jilbab adalah pakaian terusan Panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh wanita Muslimah.

Istilah hijab dan jilbab ini, masing-masing negara mempunyai penamaan yang berbeda-beda. Pada beberapa negara yang berbahasa Arab, kata hijab digunakan lebih sering untuk merujuk kepada istilah jilbab. Sedangkan jilbab sendiri istilah yang lebih sering di pakai di Indonesia. Sebenarnya secara penggunaan kata, hijab dan jilbab adalah sama saja.

Baca Juga: PSBB Tuai Kritik, Jawaban Anies Baswedan: Biarlah Itu Jadi Dapur Kita

Jilbab adalah pakaian yang disyari’atkan kepada kaum perempuan. Jilbab ditujukan untuk meningkatkan derajat perempuan dan melindungi kesucian serta melindungi kesopanannya.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X