18 September: PKI Lakukan Pemberontakan di Madiun di Bawah Pimpinan Musso

- 18 September 2020, 08:40 WIB
Monumen Kresek, monumen bersejarah yang merupakan peninggalan dan sebagai saksi atas Peristiwa Madiun. Monumen ini mengingatkan sejarah tentang keganasan PKI pada tahun 1948 di Madiun. (indonesia-heritage.net) /


GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 18 September, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 18 September, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1786
NGC 14 merupakan galaksi tidak beraturan di rasi bintang pegasus. Galaksi ini ditemukan oleh astronom sekaligus komponis asal Jerman-Inggris, William Herschel, pada 18 September 1786.

Selaun NGC 14, Sir Fredrick William Herschel juga terkenal karena menemukan planet Uranus. Bahkan ia juga disebut sebagai orang yang menemukan radiasi inframerah dan melakukan penemuan lainnya di bidang ekonomi.

Baca Juga: Viral Odading Mang Oleh, Langkah Ridwan Kamil Gandeng Ade Londok Dinilai Tak Elok

1810
18 September 1810 menjadi momentum yang akan selalu diingat bagi rakyat Republik Chile. Tahun itu menjadi cikal bakal negaranya memproklamirkan kemerdekaan atas jajahan Spanyol.

Chile merupakan negara di Benua Amerika yang terletak dibagian tenggara Amerika Selatan dengan ibukota dan pusat pemerintahan di Santiago.

Mereka mendeklarasikan sebagai negara pada 12 Februari 1818 dan diakui sebagai negara pada 25 April 1844.

1948
Pemberontakan PKI pada 1948 atau dikenal sebagai peristiwa Madiun adalah pemberontakan kelompok komunis yang tergabung dalam Front Demokrasi Rakyat (FDR).

Ada empat kelompok yang tergabung dalam FDR yakni PKI, Partai Sosialis Indonesia (PSI), Partai Buruh Indonesia (PBI), dan Pemuda Rakyat dan Sentral Organisasi Buruh Seluruh Indonesia (Sobsi).

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X