Benarkah Tanaman Herbal Ini Diprediksi Mencegah Covid-19?

- 18 September 2020, 16:11 WIB
Jamu empon-empon /sehatq.com

GALAMEDIA - Meski sudah ada imbauan resmi dari Kementerian Kesehatan RI tentang cara pencegahan infeksi virus corona, nyatanya masyarakat masih saja mencari alternatif lain sebagai perlindungan tambahan. Melalui obat herbal salah satunya. Lalu sebenarnya, apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah Covid-19?

Sejauh ini, seperti dikutip dari laman sehatq.com, sudah ada beberapa tanaman yang dianggap atau dipercaya bisa mencegah infeksi virus corona. Namun, belum semuanya diteliti kebenarannya secara ilmiah.

Hal ini tidak mengherankan mengingat Covid-19 adalah penyakit baru, sehingga belum banyak penelitian yang bisa dilakukan terhadap penyakit ini.

Baca Juga: Hati-Hati! Jangan Curiga Berlebihan Sebab Bisa Jadi Salah Satu Tanda Gangguan Paranoid

Apa saja tanaman herbal yang dapat mencegah COVID-19?
Baik di berita nasional maupun melalui pesan berantai aplikasi chat, kabar soal tanaman herbal yang bisa mencegah corona, selalu mencuri perhatian. Sejauh ini, ini berikut tanaman maupun ramuan herbal yang diklaim bisa bantu mencegah infeksi Covid-19.

1. Jamu empon-empon
Nama empon-empon tengah naik daun semenjak corona mulai merebak di Indonesia. Jamu tradisional asal Indonesia ini, memang sebenarnya sudah sejak lama dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Empon-empon sendiri sebenarnya merupakan kumpulan rempah yang terdiri dari jahe merah, temulawak, biang kunyit, kayu manis, dan sereh.

Campuran rempah tersebut dinilai bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak sedikit orang yang mengonsumsinya untuk mencegah tertular Covid-19. Meski begitu, hingga saat ini belum ada penelitian ilmiah yang bisa memastikan manfaat empon-empon untuk mencegah infeksi virus corona. Sehingga informasi mengenai kebenaran khasiatnya sebaiknya disikapi secara bijak.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Jumat 18 September 2020. Harga Antam Retro dan Tabungan Emas Turun

2. Jeruk dan kulitnya
Peneliti dari Institut Pertanian Bogor (IPB) dan Universitas Indonesia (UI) belum lama ini melakukan penelitian gabungan untuk mengetahui komponen dari bahan herbal atau alami yang bisa melawan infeksi virus corona. Hasilnya, jeruk beserta kulitnya dianggap berpotensi untuk mengemban tugas tersebut.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X