Hati-hati! Pakai Masker Anti Virus Tidak Akan Efektif Bila Menggunakannya Tak Tepat, Ini Panduannya

- 18 September 2020, 16:16 WIB
Penggunaan masker anti virus. Foto Ilustrasi /Instagram/

GALAMEDIA - Cara memakai masker anti virus yang benar untuk menangkal Covid-19, meski kelihatannya mudah, tapi tidak boleh sembarangan. Sebab, manfaat masker anti virus mungkin akan berkurang efektivitasnya jika Anda menggunakannya dengan tidak tepat.

Nah, berikut adalah panduan cara pakai masker dengan benar yang direkomendasikan seperti dikutip laman sehatq.com:

Baca Juga: Resep dan Cara Masak Bakmi Godog Jawa, yang Kangen Yogja Ini Mie Spesial yang Bikin Ketagihan

1. Pastikan ukuran masker anti virus cocok dengan wajah Anda, tidak kebesaran ataupun kekecilan.
2. Mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer terlebih 3. dahulu sebelum menggunakan masker anti virus jenis apa pun.
4. Jika Anda menggunakan masker medis, pastikan memakainya dengan sisi luar 5. masker berwarna hijau atau biru, sedangkan bagian dalam masker yang menempel langsung dengan area mulut dan hidung berwarna putih. Kemudian, pastikan sisi atas masker yang ditandai dengan adanya garis kawat hidung.
6. Untuk jenis masker karet, Anda hanya perlu mengaitkan tali karet di belakang kedua telinga.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Jumat 18 September 2020. Harga Antam Retro dan Tabungan Emas Turun
7. Sedangkan, bagi yang menggunakan masker tali, posisikan garis kawat di atas hidung, lalu ikat kedua sisi tali pada bagian atas kepala.
8. Jika masker sudah menggantung, tarik masker ke bawah untuk bisa menutup mulut hingga dagu. Selanjutnya, ikat tali bagian bawahnya di tengkuk atau belakang leher Anda.
9. Jika Anda menggunakan masker kain, lakukan langkah ke-4 dan ke-5 dengan cara yang sama.
10. Setelah masker sudah terpasang aman di wajah, cubit atau cocokkan bagian atas atau kawat masker untuk mengikuti lekuk hidung Anda agar masker lebih tertutup rapat.
12. Apabila masker sudah terpasang dengan benar, hindari menyentuh masker. Jika ingin menyentuh atau melepas masker, pastikan untuk mencuci tangan terlebih dahulu dengan sabun atau cairan hand sanitizer.

Baca Juga: Amit-amit, Begini Nih Akibatnya Jika Terlalu Sering Menahan Kencing
13. Masker medis harus dibuang setelah digunakan. Sebaiknya, jenis masker ini tidak digunakan lebih dari satu hari. Ganti masker hidung apabila sudah kotor, basah, atau rusak.
14. Selain itu, idealnya masker N95 juga tidak dapat digunakan kembali. Namun, dengan stok ketersediaan masker N95 yang semakin menipis dan harganya yang relatif tinggi, tenaga medis dapat memakainya kembali asalkan penggunaannya perlu dilapisi dengan masker bedah pada bagian luarnya.
15. Penggunaan masker N95 standar WHO yang sudah dilapisi dengan masker bedah dapat digunakan selama 8 jam serta dapat dibuka dan ditutup sebanyak 5 kali.

Baca Juga: Jadwal Acara TV Hari Ini, Jumat 18 September 2020 di TV One
16. Di samping itu, masker N95 dapat dikenakan beberapa kali asalkan disimpan dengan benar, yaitu diletakkan di dalam kantung berlubang, kemudian dijemur di bawah sinar matahari.
17. Masker N95 tidak dapat digunakan kembali jika pengguna masker N95 sudah melakukan tindakan yang menimbulkan aerosol.
18. Sementara untuk masker kain, Anda bisa mengganti penggunaannya apabila sudah kotor atau basah. Kemudian, simpan masker ini ke dalam kantong plastik khusus dan segera cuci menggunakan sabun deterjen dan air panas saat tiba di rumah.

Jika masker kain tidak kotor atau basah dan Anda ingin menggunakannya kembali setelah makan atau minum, simpan masker tersebut ke dalam kantong plastik khusus.**

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X