Renungan Pagi, Bersikap Kasih Sayang kepada Sesama Adalah Setengah Kesempurnaan Akal

- 19 September 2020, 08:23 WIB
renungan pagi. foto ilustrasi/net
renungan pagi. foto ilustrasi/net /

 
GALAMEDIA - Mengasihi terhadap sesama sangat dianjurkan dalam ajaran agama Islam. Sebagaimana yang dinukilkan dalam maqalah 33 Kitab Nasoihul Ibad karya Syeikh Imam Nawawi Al Bantani.

Dari Sahabat Umar RA : “Bersikap kasih sayang dengan manusia adalah setengah dari sempurnanya akal."

Sebagaimana diriwayatkan oleh Ibnu Hiban dan Thabrani dan Baihaqi dari Jabir bin abdiLlah dari Nabi SAW bersabda : “Berperilaku baik terhadap manusia adalah sedekah.”

Baca Juga: ShopeePay Bagikan Tips Belanja Aman Selama PSBB untuk Kemudahan Berbelanja di Supermarket

Artinya berperilaku yang baik terhadap manusia melalui ucapan dan perbuatan pahalanya sama dengan orang yang bersedekah. Dan sebagian dari suri tauladan Nabi SAW dalam bersikap baik dalam pergaulan adalah beliau tidak pernah mencela makanan dan menghardik pelayan dan tidak pernah memukul wanita termasuk istri beliau.

Dan yang lebih tepat untuk perilaku yang baik ini adalah meninggalkan kesenangan duniawi karena tuntutan agama. Dan rajin bertanya (kepada Ulama) adalah setengah dari ilmu.

Baca Juga: Waspada, Kecenderungan Penularan Covid-19 di Kota Bandung Terjadi di Akhir Pekan

Karena ilmu akan dipeorleh apabila kita rajin bertanya terhadap segala sesuatu yang kita tidak tahu. Dan rajin bekerja adalah setengah dari penghidupan. Karena dengan rajin bekerja kita akan memperoleh rezeki sebagai bekal untuk kelangsungan hidup kita. Wallahualam.***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X