Jangan Cemas Jika Mens Tidak Teratur Saat Menggunakan KB Spiral, Yuk Ketahui Efek Samping lainnya

- 19 September 2020, 15:04 WIB
KB IUD /line today

GALAMEDIA - Untuk merencanakan kehamilan salah satunya dengan pemasangan alat kontrasepsi. Salah satu alat kontrasepsi yang banyak digunakan adalah KB spiral. Meski efek samping KB spiral terbilang sedikit, tapi tetap saja ada yang takut untuk memasangnya.

Padahal seperti yang dilansir laman gooddocter.co.id, penggunaan jenis KB ini cukup populer karena dianggap mudah dan efektif. Nah, agar tidak salah dalam menerima informasi, tak ada salahnya mempelajari efek samping KB spiral di bawah ini.

Baca Juga: Susu Bubuk atau Susu Cair? Mana yang Lebih Baik untuk Tumbuh Kembang Anak

Apa itu KB spiral
KB IUD (intraurine device) atau biasa juga disebut KB spiral adalah sebuah alat berukuran kecil yang ditanamkan ke dalam rahim. Pilihannya terdiri dari 2 jenis yakni KB spiral tembaga dan hormonal.

KB spiral tembaga berfungsi mencegah sperma membuahi sel-sel telur. Sedangkan KB hormonal bertugas untuk menghasilkan hormon progesteron sintetik yang memengaruhi siklus menstruasi perempuan.

Baca Juga: Tak Kalah Enak dengan Odading Mang Oleh, Ini Resep Odading Lezat yang Bikin Ketagihan Ala Rumahan

Efek samping KB spiral
Dilansir dari webmd.com, KB spiral adalah alat perencanaan kehamilan yang aman untuk digunakan perempuan. Namun meski begitu, terdapat beberapa efek samping yang bisa terjadi sebagai bentuk adaptasi tubuh terhadap pemasangan KB.

Efek samping KB spiral terbilang sangat jarang menimbulkan dampak yang berbahaya bagi kesehatan. Umumnya ini hanya terjadi dalam skala ringan dan pada jangka waktu tidak terlalu lama.

Efek samping KB jenis spiral yang muncul juga bisa berbeda-beda tergantung pada kondisi kesehatan masing-masing perempuan. Beberapa yang paling umum terjadi adalah sebagai berikut:

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X