Berapa Banyak Masker Cadangan yang Harus Dibawa Saat Kita Beraktivitas di Luar?

- 22 September 2020, 10:30 WIB
ILUSTRASI penggunaan masker. /pexels.com

GALAMEDIA - Sejak pandemi Covid-19 melanda Bumi, masker menjadi barang yang wajib digunakan. Salah satu jenis makser yang banyak digunakan adalah masker kain.

Selain karena mudah didapatkan, masker kain juga dapat meminimalisir sampah karena bisa digunakan kembali setelah dicuci. Apalagi belakangan pemerintah melarang masker scuba dan buff.

Tetapi, masker seperti apa yang cocok untuk mereka yang sering beraktivitas di luar ruangan? Mungkin kita bertanya-tanya juga, berapa banyak masker cadangan yang harus kita bawa.

Baca Juga: Update Kasus Covid-19 Dunia, Selasa 22 September 2020: Pasien Sembuh Lebih dari 23 Juta

Kenapa harus ada cadangan? Seperti diketahui, masker kain pun tak boleh digunakan sepanjang hari. dr. Reisa Broto Asmoro menjelaskan bahwa masker sebaiknya diganti setiap 4 jam sekali.

"Pada prinsipnya masker kain itu harus diganti setiap 4 jam sekali atau kalau masker itu lembap atau basah juga harus diganti," jelas dia dilihat dalam video di YouTube Sekretariat Presiden.

"Jadi sebelum kita ke luar rumah, kita harus pertimbangkan dulu kira-kira berapa banyak ya masker yang dibutuhkan dalam satu waktu tertentu. Jadi kita harus bawa masker ekstra untuk berpergian," tambah dia dari Herstory.

Baca Juga: Peringatan Dini BMKG: Waspadai Potensi Cuaca Ekstrem, Mulai dari Hujan Es Hingga Puting Beliung

Selain itu, Reisa juga mengimbau masyarakat, bahwa penggunaan masker di tengah pandemi seperti ini wajib dan tak boleh digunakan secara bergantian.

"Ingat, masker ini hukumnya wajib, jadi semua orang juga harus menggunakan satu masker. Tidak boleh bergantian atau tukar-tukaran dengan orang lain," tegas dia.***

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X