Ternyata Donor Plasma Darah Banyak Manfaatnya, Tapi Ketahui juga Efek Sampingnya

- 22 September 2020, 11:12 WIB
Donor plasma darah /kilikdokter.com

GALAMEDIA - Beberapa hari lalu, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengajak warga yang sudah sembuh dari Covid-19 menyumbangkan plasma darahnya. Konon, plasma darah dari pasien yang sudah sembuh dari Covid-19 ini bisa menyembuhkan pasien yang terpapar virus corona.

Ternyata melakukan donor plasma darah bisa ya. Apa manfaat donor plasma ini? Apakah ada efek sampingnya?

Mengenal Donor Plasma Darah
Seperti dikutip Galamedia dari klikcokter.com, plasma merupakan bagian cair dan bening dari darah setelah sel darah merah, sel darah putih, platelet, dan komponen seluler lainnya disingkirkan.

Baca Juga: Percaya atau Tidak, 5 Tanaman Hias Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Sebanyak 35 persen komponen dalam darah adalah plasma sehingga merupakan komponen terbesar dari darah manusia. Kandungannya terdiri atas air, garam, enzim, antibodi, dan protein lainnya.

Fungsi plasma darah adalah sebagai pembawa berbagai zat penting, seperti protein, hormon, dan nutrisi ke sel-sel berbeda di dalam tubuh Anda. Ini termasuk hormon pertumbuhan yang membantu otot dan tulang tumbuh, serta hormon pembekuan yang membantu tubuh menghentikan pendarahan saat mengalami luka.

Donor plasma darah diperlukan untuk berbagai terapi pada kondisi medis tertentu, seperti membantu pemulihan penyakit langka, mengobati kanker, operasi transplantasi, dan hemofilia.

Baca Juga: Cocok untuk Sarapan, Ini Resep dan Cara Masa Omlet Telur Spesial Ala Rumahan yang Yummy

Pada donor plasma, darah diambil dari dalam tubuh, lalu diproses melalui mesin yang memisahkan plasma dengan darah. Setelah selesai, komponen darah lainnya seperti sel darah merah dikembalikan ke dalam tubuh dan dicampurkan dengan cairan saline untuk menggantikan plasma yang diambil.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X