Tak Banyak yang Melakukan, Ternyata Tidur Siang Menjadikan Suasana Hati Lebih Baik

- 22 September 2020, 14:04 WIB
Tidur siang akan menjadikan suasans hari lebih baik. Foto Ilsutrasi /Pixabay

GALAMEDIA - Bagi pekerja tidur siang merupakan hal yang mewah. Sebab, nyaris tidak mungkin. Karena sepanjang hari bekerja, kalau pun ada istirahat, pasti digunakan untuk makan siang dan atau sholat.

Dikutip Galamedia dari laman halodoc, sekitar pukul 13.00–15.00, suhu tubuh akan menurun dan kadar melatonin akan meningkat. Keduanya adalah pertanda bahwa tubuh membutuhkan istirahat. Meski budaya kini tidak mendukung tubuh untuk tidur siang, tetapi sebenarnya tubuh membutuhkan aktivitas tersebut walau sejenak.

Baca Juga: 12 Tanaman Bonsai Terbaik Sepanjang Masa Untuk Mempercantik Rumah

Sayangnya, tidur siang dianggap sebagai aktivitas yang tidak baik dalam budaya negara ini. Ada persepsi atau anggapan bahwa tidur siang identik dengan rasa malas. Padahal, fakta menyebutkan yang sebaliknya. Orang-orang yang melakukan tidur siang memiliki semangat dan motivasi yang tinggi.

Salah satu manfaat tidur siang yang bisa kamu dapatkan adalah suasana hati yang menjadi lebih baik. Bukan tanpa alasan, tidur siang membantu meningkatkan pengaturan emosi, termasuk menaikkan kemampuan tubuh untuk menoleransi rasa frustrasi dan mengurangi kecenderungan untuk bersikap impulsif.

Baca Juga: Telusuri Dugaan Adanya Kongkalikong dalam Impor Bawang Putih, DPR Akan Panggil Dua Menteri

Berapa Lama Waktu Tidur Siang?
Ternyata, ada waktu ideal yang disarankan untuk tidur siang agar kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal dari aktivitas ini. Tidur siang yang terlalu lama justru akan membuat kamu merasa pusing dan lemas, serta semangat menjadi berkurang untuk melanjutkan aktivitas.

Waktu tidur siang kurang dari 20 menit akan membuat kamu tersadar kembali sebelum memasuki fase tidur lelap, menghindari tubuh lesu, dan memberikan energi, serta membuat kamu menjadi lebih waspada selama beberapa jam ke depan.

Baca Juga: Percaya atau Tidak, 5 Tanaman Hias Ini Dipercaya Membawa Keberuntungan Menurut Feng Shui

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X