Ini Dia Hakikat Sabar

- 23 September 2020, 16:02 WIB
Cintailah Sesuatu dengan Wajar Karena Cinta adalah Hamba dan Sabar adalah Raja. Foto Ilustrasi/Net /


Assalammu’alaikum Wr.Wb

“Sabar ibarat gembok yang mengunci lisan untuk tidak berkeluh kesah mengantuk takdir. Ibarat rantai yang membelenggu anggota badan agar tidak menampakkan perlawanan dan pertentangan akan keputusan Allah. Ibarat bendungan yang menahan hati dari derasnya perasaan marah, kesal dan dongkol, serta berbagai macam kemelut perasaan lainnya yang bergumpal-gumpal”

Sabar adalah satu antara sekian banyak akhlak dan perangai terpuji yang menempati kasta tinggi di dalam islam. Hal itu di karenakan ketika berbicara tentang sabra, tak akan lepas dari selaksa keutamaan dan kenikmatan surga yang di janjikan. Ketika menggambarkan sosok para penyabar, tak akan jauh dari untaian pujian. Tidaklah temasuk kata ‘sabar’, melainkan digandengi pujian dan ganjaran yang di siapkan.

Terdapat pada buku (jika ustad jadi wasit_hal 23-30) Jika dalil dari Alqur’an dan hadist yang berbicara tentang keutamaan sabra di kumpulkan, maka akan di hasilkan sebuah buku yang tebal berates-ratus halaman.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ucapkan Selamat kepada Pimpinan Korea Utara Kim Jong-un

Karena itu, pada kesempatan kali ini, kita tidak akan menguraikan Panjang lebar tentang keutamaan sabra. Akan tetapi, sejenak kita akan sedikit mengupas hakikat kesabaran itu sendiri.

Sabar memang begitu istimewa dan spesial. Bahkan disebut sebagai pilar kebahagiaan insan.

Syaikh Muhammad ati-tamimi rahimahullah menuturkan di dalam salah satu kitabnya, Qawaidul Arba’, bahwa pilar kebahagiaan itu ada tiga :
1. Ketika ia mendapat kenikmatan, ia bersyukur,
2. Ketika ia di timpa musibah, ia bersabar,
3. Dan ketika ia melakukan dosa, ia beristigfar

Macam-macam Sabar
Para ulama membagi sabar menjadi tiga jenis:

Baca Juga: 50 Tahun Sentra Keramik Kiaracondong Tak Lekang oleh Waktu dan Diburu Wisatawan

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X