Peristiwa 25 September: Hari Jadi Kota Bandung Hingga Morgan Oey Hengkang dari SM*SH

- 25 September 2020, 08:32 WIB
WARGA melakukan foto di area penutupan Jalan Asia-Afrika, Kota Bandung. Hari ini, 25 September, Kota Bandung merayakan Hari Jadi yang ke 210 di tengah pandemi Covid-19.(ARMIN ABDUL JABBAR/"PR" ) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 25 September, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 25 September, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

1810
Gubernur Jenderal Hindia-Belanda, Herman Willem Daendels mengeluarkan surat keputusan tanggal 25 September 1810 tentang pembangunan sarana dan prasarana untuk kawasan Bandung.

Kota Bandung resmi pindah yang kemudian dipimpin oleh Bupati RA Wiranatakusumah II. Peristiwa tersebut kemudian diperingati sebagai hari jadi Kota Bandung.

Baca Juga: Cek Harga Emas Hari Ini: Berlaku di Jakarta, Bandung, Semarang dan Surabaya

Kota Bandung secara resmi mendapat status gemeente (kota) dari Gubernur Jenderal JB van Heutsz pada 1 April 1906 dengan luas wilayah waktu itu 900 hektare.

Kemudian, luas Kota Bandung bertambah menjadi 8.000 hektare pada tahun 1949. Saat ini, Bandung menjadi Ibu Kota Jawa Barat yang memiliki luas lahan sebesar 167.67 kilometer.

Kota Bandung kini dipimpin wali Kota Oded M. Danial bersama wakilnya, Yana Mulyana. Oded meneruskan kepemimpinan Ridwan Kamil yang menjadi Gubernur Jabar.

Saat ini, Kota Bandung masih didera berbagai permasalahan, salah satunya keberadaan PKL dan fasilitas umum yang kurang terpelihara. Belum lagi saat ini Kota Bandung juga termasuk kota dengan jumlah positif Covid-19 terbanyak di Indonesia.

Baca Juga: Ini Dia Resep Lumpia Goreng yang Makyus Disantap Bersama Keluarga Tercinta

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X