Jauhi Alkolol Jika Ketergantungan Dapat Berisiko Amnesia, Ini 7 Risiko Terkena Amnesia Lainnya

- 25 September 2020, 11:45 WIB
Ilustrasi alkohol. /Pexels

 

GALAMEDIA - Hati-hati dengan amnesia. Kondisi ini terjadi ketika seseorang kehilangan kemampuan mengingat sesuatu di masa lalu, tetapi masih memiliki keterampilan motorik seperti berjalan atau berbahasa. Terjadinya amnesia tentu bukan tanpa alasan.

Ada beberapa hal yang memicu terjadinya gangguan ingatan ini. Salah satunya adalah penyalahgunaan atau ketergantungan alkohol. Seperti dikutip Galamedia dari laman halodoc.com, dalam jangka pendek, konsumsi alkohol bisa menyebabkan blackout atau hilang ingatan dalam keadaan mabuk.

Baca Juga: Resep Ayam Kecap Spesial Favorit Keluarga Ala Rumahan yang Lezat dan Bikin Ketagihan

Baca Juga: Lari 5 sampai 10 Menit dengan Intensitas Sedang Bisa Turunkan Risiko Penyalit Jantung
Namun, jika kebiasaan minum alkohol dilakukan jangka panjang dan sudah sampai ketergantungan, lama-kelamaan menyebabkan sulitnya membentuk ingatan baru tanpa disadari.

Hal-Hal yang Membuat Seseorang Berisiko Tinggi Terkena Amnesia
Selain ketergantungan alkohol, amnesia juga bisa terjadi karena berbagai hal. Berikut beberapa hal yang bisa meningkatkan risiko terkena amnesia:

Baca Juga: Hati-Hati Jika Bermusuhan atau Memusuhi Orang Lain, Jantung Anda Taruhannya

1.Cedera Serius pada Kepala
Cedera serius pada kepala karena kecelakaan atau olahraga, dapat menyebabkan kebingungan dan gangguan ingatan. Kondisi ini umumnya terjadi pada tahap awal pemulihan. Pada kasus cedera kepala ringan, hilang ingatan mungkin hanya akan terjadi sementara. Namun, pada kasus yang parah, amnesia bisa terjadi secara permanen.

Baca Juga: Cocok juga Untuk Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan, Ini 7 Cara Mengatur Keuangan yang Baik

2.Gangguan yang Memengaruhi Otak
Beberapa penyakit atau gangguan, seperti stroke, kejang, tremor, dan infeksi seperti ensefalitis, bisa menyebabkan kerusakan otak. Pada beberapa kasus, kondisi ini juga meningkatkan risiko gangguan memori atau amnesia.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X