Duhh Terlanjur, Makanan Bersantan saat Lebaran Gak Boleh Dipanaskan Bisa Memicu Dampak Berbahaya

- 13 April 2024, 17:00 WIB
Ilustrasi: makanan bersantan./ freepik @freepik
Ilustrasi: makanan bersantan./ freepik @freepik /

GALAMEDIANEWS – Menikmati hidangan opor ayam, rendang, dan makanan santan lainnya memang sangat menggugah selera. Tapi ada hal yang harus diperhatikan kalau tak ingin terkena penyakit.

Makanan santan hanya akan membuat kenyang sesaat tapi juga memiliki dampak serius kalau justru berlebihan.

Kandungan lemak pada makanan santan akan menjadi trans fat yang mana tentunya berbahaya untuk tubuh. Tak mau kan sakit saat hari lebaran hanya karena salah makan.

Dikutip dari kemkes.go.id pada Sabtu, 13 April 2024. Hal ini juga senada dengan perkataan dokter spesialis gizi klinik yakni Fitri Tyas Windrarti.

"Kalau makanan bisa bersantan dipanaskan berulang kali, maka lemak di dalamnya akan jadi trans-fat (lemak trans), yang tidak baik juga untuk kesehatan kita," ujar Fitri.

Baca Juga: CATAT! Ini Bahaya Makanan Bersantan Jika Berulang Kali Dipanaskan

Lemak trans itu merupakan asam lemak tak jenuh yang dapat menyumbat arteri, meningkatkan risiko terkena penyakit jantung koroner, kematian,stroke, diabetes tipe 2.

Lemak trans juga bisa sebabkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida dalam darah bisa meningkat dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL).

Adapun makanan lain yang meliputi lemak trans bisa berupa kue (donat, cookie, pie) yang terbuat dari minyak sayur, keripik kentang, keripik jagung, popcorn, ayam goreng, kentang goreng, margarin, mentega, creamer kopi, pizza, cracker, biskuit kalengan.

Makanan bersantan yang dipanaskan secara berulang itu juga mengandung kadar lemak jahat yang akan meningkat, sehingga memicu penyakit serius.

Pemanasan makanan yang berulang dan terlalu berlebihan, alhasil bisa membuat tekstur makanan rusak dan berpotensi banget untuk menjadi sarang bakteri yang bisa sebabkan terjadinya diare.

Fitri akhirnya menyarankan para ibu selama lebaran memasak makanan sesuai takaran porsi keluarga saja dan langsung sekali habis. Daripada terus memanaskannya secara berulang, apalagi gak mau makan kalau waktu lebaran harus berakhir di opname di rumah sakit tentu rasanya gak enak banget.

"Memang lebih repot, tapi lebih baik kalau emang mau jaga kesehatan kita masak dalam porsi sekali habis saja, karena makanan bersantan tidak disarankan dipanaskan berulang. Jadi kita harus kira-kira satu kali makan berapa porsi, sehingga besok masak yang baru," ucap Fitri.***

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Kemkes. go. id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah