5 Peristiwa Mengesankan dan Mencekam yang Pernah Terjadi di Bulan Syawal, Apa Aja Itu?

- 16 April 2024, 18:43 WIB
Ilustrasi peristiwa mengesankan yang pernah terjadi saat bulan Syawal./freepik/@freepik
Ilustrasi peristiwa mengesankan yang pernah terjadi saat bulan Syawal./freepik/@freepik /

GALAMEDIANEWS – Banyak momen bersejarah yang terjadi saat bulan syawal salah satu mengajarkan mengenai arti berjihad. Peristiwa yang mencekam ini tentunya menjadi memorable yang tak bisa dilupakan.

Syawal merupakan perpanjangan tangan dari bulan Ramadhan dan menjadi bukti keimanan umat Muslim untuk melakukan puasa setelah bulan Ramadhan.

Dilansir dari YouTube Penerus Para Nabi pada Selasa, 16 April 2024. Lalu apa aja peristiwa mencekam yang pernah terjadi saat bulan syawal yakni seperti berikut ini:

Baca Juga: Bayern Munchen Kabarnya telah Jatuhkan Pilihannya kepada Julian Nagelsmann untuk Jadi Pelatih Baru Mereka

1. Perang Khandaq

Pertempuran ini terjadi pada 5 hijriah bulan syawal, hal yang mendasari karena rasa dendam para kaum Yahudi dari suku Bani Nadhir yang terusir oleh pasukan Islam dari Madinah dan dikisahkan juga dalam buku Sejarah Kebudayaan Islam susunan KH Abu Achmadi dan Sungarso, yang mana menjelaskan kaum Yahudi menghasut kafir Quraisy Mekkah agar bisa bersekutu untuk menyerang kaum Muslimin, pembantaian dilakukan di Madinah.

Perang ini diikuti oleh gabungan bala tentara yang meliputi 10.000, walau saat itu prajurit Islam hanya mencapai 3000 tentara, tentu jumlah yang tak sebanding.

Penyebutan Khandaq ini berarti parit, dimana kaum Muslim pada waktu itu menggali parit di sekeliling Madinah sebagai mekanisme pertahanan untuk mencegah kaum kafir tidak bisa menerobos kota Madinah.

Bahkan, perang Khandaq juga diangkat menjadi sebuah film dan diperankan oleh Salman Al Farisi RA yang mana menggambarkan mengenai peristiwa hari itu. Strategi yang didasari dari kebiasaan orang Persia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: YouTube Penerus Para Nabi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah