Kenapa Ya Kebotakan Pria Dimuali dari Bagian Atas Kepala? Ini Alasan, Pencegahan, dan Perawatannya

- 6 Oktober 2020, 13:38 WIB
Kebotakan pria biasanya dimulai dari bagian atas kepala. Foto Ilustrasi
Kebotakan pria biasanya dimulai dari bagian atas kepala. Foto Ilustrasi /halodoc

GALAMEDIA - Rambut tebal bisa jadi dambaan setiap pria. Hal ini bisa menambah rasa percaya diri. Oleh karena itu, kebotakan yang dialami pria pastinya bisa mengganggu penampilan dan bikin tidak pede.

Biasanya, seperti dikutip Galamedia dari laman halodock, kebotakan yang dialami pria ini disebabkan oleh perubahan kadar hormon seiring bertambahnya usia. Meskipun merupakan bagian alami dari proses penuaan, rambut rontok bisa membuat stres secara psikologis.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Selasa 6 Oktober 2020

Kerontokan rambut yang terjadi secara tiba-tiba atau tidak terduga terkadang dapat mengindikasikan kondisi kesehatan yang lebih serius yang mungkin memerlukan perhatian medis.

Nah, sadar atau tidak sadar kebanyakan pria yang mengalami kebotakan biasanya dimulai dari atas kepala. Mengapa bisa demikian? Simak penjelasan berikut.

Baca Juga: Resep dan Cara Masak Tumis Ati Ampela Super Pedas yang Bikin Ketagihan

Kenapa Kebotakan Pria Selalu dari Atas Kepala?
Ada tiga faktor utama yang dapat menyebabkan kebotakan pada pria, yaitu genetik, usia, dan hormon. Penyebab rambut rontok lainnya termasuk kekurangan nutrisi, infeksi, dan kondisi psikologis.

Dari ketiga faktor tersebut, faktor genetiklah yang memengaruhi pola kebotakan pada pria. Seseorang yang mengalami kebotakan dari atas kepala umumnya mengalami sensitivitas genetik terhadap produk sampingan testosteron yang disebut dihidrotestosteron (DHT).

Nah, folikel rambut yang sensitif terhadap DHT cenderung menyusut seiring berjalannya waktu. Saat folikel rambut yang terkena semakin mengecil, masa hidup setiap rambut menjadi lebih pendek. Akhirnya, folikel yang sensitif terhadap DHT tidak memproduksi rambut kembali.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X