Lumat Sepi Community Bandung, Komunitas Bagi Orang-orang Kesepian

- 22 Mei 2024, 13:48 WIB
Ilustrasi Lumat Sepi Community; bercerita, mendengar dan menemani./Pexels/Marina Shatskikh
Ilustrasi Lumat Sepi Community; bercerita, mendengar dan menemani./Pexels/Marina Shatskikh /

GALAMEDIANEWS – Kesepian adalah kondisi dimana seseorang merasa sendiri, sunyi bahkan menimbulkan emosi kompleks yang jika tidak teratasi dengan baik akan berakibat pada gangguan kejiwaan atau mental.

Lumat Sepi Community Bandung, menjadi komunitas pertama di Bandung yang memberikan ruang bagi orang-orang yang merasa kesepian untuk berbagi cerita, saling mendengarkan dan menemani disaat sepi.

Muhammad Ismail Faruqi (Ail) menceritakan awal berdirinya komunitas Lumat Sepi yang dia gagas sebagai ruang jumpa bagi orang-orang yang merasa kesepian seperti dirinya.

Baca Juga: Anak Bisa Jadi Pemarah dan Agresif Jika Kecanduan Gadget!

Menderita gangguan Bipolar Disorder Tipe 1, yaitu gangguan mental yang ditandai dengan satu atau lebih fase mania (perasaan bahagia dan bersemangat ekstrem) yang dapat diikuti dengan hipomania (bentuk mania yang lebih ringan) ataupun depresi, membuatnya selalu merasakan kondisi tubuh yang tidak nyaman, baik fisik, psikis dan mental.

Ketika merasa kesepian, bukan hanya merasa sendiri, tetapi lebih dari itu, Ail kerap merasakan nyeri di bagian dada, dan kondisi ini sangat menyiksanya.  

Kondisi ini diperparah dengan situasi Pandemi Covid 19 yang membuat orang semakin berjarak dan keterbatasan akses menghambat di segala aspek. Menyadari kondisi, situasi, kelemahan dan gangguan mental yang dideritanya, dia berusaha mencari cara untuk mengurai semua kegelisahan yang diakibatkan dari perasaan sepi.

Baca Juga: Daftar 3 SMA dan SMK Terbaik di Kab. Banjarnegara dengan Prestasi Top Nasional, Bisa Jadi Sekolah Incaran PPDB

Tercetuslah ide untuk membuat sebuah komunitas untuknya dapat berinteraksi dengan orang lain, baik yang sudah dikenal ataupun belum sekaligus juga mengajak teman-teman yang merasakan kesepian seperti yang dia alami lewat berbagai kegiatan yang dilakukan secara daring.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah