Jangan Stres! Uban Akan Muncul Lebih Dini, Ini 7 Penyebab Lainnya Keluar Uban di Usia Muda

- 9 Oktober 2020, 10:41 WIB
Ilustrasi rambut ubanan di usia muda. Foto ilustrasi
Ilustrasi rambut ubanan di usia muda. Foto ilustrasi /pixabay.com

GALAMEDIA - Ada yang tidak ingin kelihatan uban, tapi ada juga yang sengaja mencat rambutnya dengan warna putih. Katanya, uban timbul karena seiring bertambahnya usia. Tapi, tidak sedikit usia masih muda tapi udahnya sudah banyak.

Bagi sebagian masyarakat, uban seolah menjadi penanda bahwa seseorang sudah mulai menua. Ada juga anggapan bahwa uban yang muncul lebih dini berarti orang tersebut mudah marah atau sering stres.

Baca Juga: Jadi Ini Alasan Umat Islam Dilarang Mencabut Uban

Faktanya, seseorang yang masih muda sekalipun juga bisa ubanan, lho. Berikut ini adalah beberapa penyebab uban di usia muda seperti dikutip Galamedia dari laman klikdokter.com:

1. Kekurangan Vitamin Tertentu
Penyebab tumbuh uban di usia muda yang pertama adalah kekurangan vitamin. Kekurangan vitamin B6, B12, biotin, vitamin D atau vitamin E dapat menyebabkan uban timbul lebih dini.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan di International Journal of Trichology pada tahun 2016 menjumpai fakta unik. Ditemukan bahwa kadar serum ferritin, vitamin B12 dan kolesterol HDL pada responden di bawah usia 25 tahun yang beruban cenderung lebih rendah.

Studi lain yang dilansir di jurnal Development juga menyebutkan kekurangan vitamin D3 dan vitamin B12 dapat menyebabkan rambut beruban.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Jumat 9 Oktober 2020, Harganya Ada yang Naik dan Juga yang Turun

2. Genetik atau Faktor Keturunan
Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Indian Journal of Dermatology, Venereology and Leprology pada tahun 2013, disebutkan bahwa uban yang muncul lebih dini dapat berkaitan dengan faktor genetik atau keturunan di keluarga. Selain itu, ras dan etnis tertentu juga bisa berperan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X