Alasan Daging Kurban Jangan Dicuci Jika Disimpan di Lemari Pendingin

- 9 Juni 2024, 18:00 WIB
Ilustrasi daging kurban jangan dicuci jika mau disimpan dalam lemari pendingin.
Ilustrasi daging kurban jangan dicuci jika mau disimpan dalam lemari pendingin. /Pixabay/Shutterbug75

GALAMEDIANEWS - Daging kurban tidak dianjurkan dicuci terlebih dahulu sebelum disimpan di lemari pendingin. Begini trik menyimpan daging kurban yang baik dan bisa tahan lama.

Dokter hewan lulusan Universitas Syiah Kuala Benny Andista menurutkan ada sejumlah tips menyimpan daging kurban dengan baik.

Dengan begitu, daging dapat bertahan lama saat disimpan dalam lemari pendingin maupun lemari pembeku.

Baca Juga: Drama di Jalan Naringgul: Rombongan Wayang Golek Diserang, Berakhir Damai

“Bersihkan daging dengan baik dan daging tidak perlu dicuci dengan air,” kata Benny saat dihubungi ANTARA di Jakarta, Jumat 7 Juni 2024 malam.

Menurutnya, mencuci daging dengan air sebelum penyimpanan tidak dianjurkan. Sebab cara itu dapat menimbulkan bakteri baru.

"Daging cukup dibersihkan tanpa air, lalu pisahkan daging yang akan dimasak dan yang akan disimpan dalam lemari pendingin," katanya.

Setelah itu, lanjut Benny, kemas daging ke dalam wadah yang bersih dan dapat ditutup rapat untuk mencegah kelembapan berlebih pada daging dan terkontaminasi bakteri merugikan.

Setelah dikemas dalam wadah tertutup, simpan daging ke dalam chiller (lemari pendingin khusus) terlebih dahulu selama kurang lebih 2 - 4 jam.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah