Benarkan Covid-19 Bertahan 28 Hari di Ponsel dan Uang Kertas? Ini Penelitian dan Tips Mencegahnya

- 16 Oktober 2020, 10:17 WIB
Ilustrasi cuci tangan /Freepik/


GALAMEDIA - Hingga saat ini, muncul banyak teori seputar virus corona penyebab Covid-19. Beberapa dari teori tersebut bisa dipercaya, meski lainnya belum punya bukti valid.

Sama halnya dengan teori yang baru-baru ini dicetuskan ilmuwan dari Australian Centre for Disease Preparedness (ACDP). Peneliti mengatakan, COVID-19 yang menempel pada uang kertas dan layar ponsel bisa bertahan hingga 28 hari.

Apa pendapat tim medis akan hal ini? Benarkah teori yang disebutkan oleh para ilmuwan tersebut?

Baca Juga: Lakukan Hal Ini Jika Anak Demam, Batuk, Sesak Napas, dan Diare, Supaya Terhindar dari Virus Corona

Dikutip Galamedia dari laman klikdokter, melansir The National, peneliti menemukan coronavirus bisa bertahan hingga 28 hari di permukaan uang kertas dan benda lainnya, seperti layar ponsel.

Virus ini diketahui juga dapat bertahan pada suhu kamar atau sekitar 20 derajat Celsius. kondisi tersebut sebanding dengan kelangsungan hidup 17 hari untuk virus influenza.

Kesimpulan ini didapat ketika peneliti melakukan tes pada suhu 20 derajat Celsius atau sekitar suhu kamar dalam kondisi gelap yang stabil.

Studi yang dimuat dalam Virology Journal ini juga menunjukkan, ketahanan Covid-19 akan berkurang saat berada di suhu panas (>40 derajat celcius).

Baca Juga: Cius? Benarkah Pakai Kacamata Bisa Menurunkan Risiko Tertular Virus Corona? Ini Penjelasannya

Temuan ini menambah bukti bahwa virus bertahan lebih lama dalam suhu yang rendah, sehingga bakal sulit dikendalikan di musim dingin.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X