5 Tips Mendampingi Anak dalam Bermain Agar Tumbuh Optimal dan 3 Manfaat Main Bersama

- 16 Oktober 2020, 15:06 WIB
Main bersama anak. Foto Ilustrasi /Net


GALAMEDIA - Dunia anak adalah dunia bermain. Oleh sebab itu, kalau pun anak belajar, maka materi pembelajarannya dikaitkan dengan permainan.

Bermain erat kaitannya dengan keseharian anak-anak. Kegiatan yang mengasyikkan dan menyenangkan ini pun ternyata menyimpan segudang manfaat untuk si kecil.

Baca Juga: Generasi Micin, Ini Takaran MSG yang Boleh Dikonsumsi Secara Normal, Termasuk Oleh Anak

Dikutip galamedia dari laman haibunda, menurut National Association for the Education of Young Children (NAEYC), bermain merupakan media penting dalam perkembangan bahasa, kognitif, sosial, dan regulasi emosi anak.

Bermain juga dapat diasosiasikan sebagai ekspresi kreatif, yang dapat menjadi media ataupun kendaraan untuk mengembangkan kreativitas anak. Tanpa disadari, melalui bermain perkembangan motorik, kognitif, dan sosioemosional anak akan terus berkembang.

 Baca Juga: Tak Disangka, Ini 8 Manfaat Permen Marshmallow, Si Manis Nan Lembut yang Menyehatkan

1. Perkembangan fisik dan motorik
Dalam perkembangan fisik dan motorik, bermain dapat membantu anak untuk mempelajari bagaimana ia menggunakan otot-ototnya serta mengkoordinasikan visual dan gerakan tubuhnya.

2. Perkembangan kognitif
Sedangkan dalam perkembangan kognitif, bermain dapat meningkatkan rasa ingin tahu, kapasitas untuk menyimpan informasi baru, mengembangkan keterampilan bahasa, serta keterampilan memecahkan masalah anak-anak.

Baca Juga: Hari Pangan Sedunia: Ini Sejarah, Tema, dan Momentumnya di Tengah Pandemi Covid-19

3. Perkembangan Sosioemosional
Dalam perkembangan sosioemosional, bermain dalam melatih anak untuk mengembangkan pertemanan dan komunikasi, hubungan yang erat dengan orang lain, meningkatkan keterampilan regulasi emosi, berlatih untuk kompromi dengan aturan, menunggu giliran, berbagi dengan orang lain, maupun belajar menerima kekalahan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

X