Ini 11 Kandidat Vaksin Corona yang Masuk Uji Fase 3, Berikut Tahapan Fase Uji Coba Vaksinnya

- 23 Oktober 2020, 13:24 WIB
ILUSTRASI vaksin corona.
ILUSTRASI vaksin corona. /pixabay


GALAMEDIA - Sebelum ada vaksin, cara terbaik untuk terbebas dari virus corona atau Covid-19 adalah dengan patuh menjaga protokol kesehatan. Di antaranya dengan 3M, menjaga jarak di tengah kerumunan, memakai masker jika keluar rumah, dan mencuci tangan menggunakan sabun.

Berbicara tentang vaksin, saat ini para ilmuwan di seluruh dunia tengah mengembangkan lusinan kandidat vaksin unik untuk melawan Covid-19. 

Mereka berusaha untuk mengembangkan vaksin yang menggunakan bahan dari virus flu yang dilemahkan hingga potongan kode genetik tersebut dalam waktu yang lebih cepat dari biasanya.

Baca Juga: Grebeg Mulud Kasultanan Kasepuhan Cirebon Digelar Secara Terbatas karena Covid-19

Vaksin, seperti dikutip galamedia dari halodoc, biasanya membutuhkan pengujian selama bertahun-tahun dan waktu tambahan lagi untuk memproduksinya dalam skala besar.

Namun, para ilmuwan berharap dapat mengembangkan vaksin corona dalam 12-18 bulan. Vaksin tersebut harus melewati standar keamanan yang lebih tinggi daripada obat lain karena akan diberikan kepada jutaan orang sehat untuk melindungi mereka dari Covid-19.

Baca Juga: Arti Mimpi Hamil, Pertanda Baik Atau Buruk? Ini Cara Seharusnya Kita Menyikapi Mimpi

11 Kandidat Vaksin Berhasil Masuk Fase 3
Menurut Food and Drug Administration (FDA), uji klinis vaksin corona dibagi menjadi tiga hingga empat tahap. Tahap awal (tahap 1 dan 2) bertujuan untuk memeriksa keamanan, dosis, dan kemungkinan efek samping, serta keefektifan (seberapa baik kerjanya dalam memerangi patogen) dari calon vaksin terhadap sekelompok kecil orang.

Namun, kunci agar vaksin kandidat bisa disetujui adalah dengan menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji coba fase 3 yang lebih maju.

Dilansir dari The Guardian (14/10/2020), dari 170 lebih vaksin yang sedang diteliti, sebanyak 11 kandidat berhasil mencapai tahap 3. Berikut daftarnya:

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X