Pabrik Petasan di Kosambi Tangerang Meledak, 48 Orang Tewas Pada 27 Oktober 2017

- 27 Oktober 2020, 07:05 WIB
Ilustrasi ledakan bom. /Unsplash/kingmaphotos


GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 27 Oktober, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Di antaranya peristiwa didirikannya Republik Sosialis Soviet Uzbekistan hingga ledakan pabrik petasan di Kosambi, Tangerang.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 27 Oktober, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

Baca Juga: Topan Molave Hantam Filipina, Tiga Belas Orang Hilang

1924
Pada 27 Oktober 1924, Republik Sosialis Soviet (RSS) Uzbekistan dibentuk. RSS Uzbekistan merupakan satu dari 14 republik yang berdiri di Uni Soviet. Pada Desember 1991, Republik Uzbekistan resmi merdeka.

RSS Uzbekistan resmi dibentuk pada 27 Oktober 1924 dan pada tahun berikutnya RSS Uzbekistan menjadi salah satu republik di Uni Republik Sosialis Soviet (Uni Soviet)

RSS Uzbekistan memasukkan RSS Tajikista sampai tahun 1929, metika RSSO Tajikistan diubah statusnya menjadi sama seperti RSS Uzbekistan. Pada tahun 1930, ibukota RSS Uzbekistan dipindahkan dari Samarkan ke Tashkent.

Baca Juga: Dirjen Kebudayaan dan Kpoti Gelar Pekan Kebudayaan Nasional Terbesar Secara During di Masa Pandemi

1928
Kongres Pemuda II resmi dibuka di Jakarta. Kongres Pemuda II dihadiri oleh berbagai organisasi pemuda seluruh Hindia Belanda (Indonesia). Kongres Pemuda sendiri merupakan cikal bakal terjadinya Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Moehammad Yamin merumuskan sebuah Kongres Sumpah Pemuda lewat secarik kertas yang kemudian disodorkan kepada Soegondo. Rumusan itu disetujui oleh Soegondo dan dibacakan olehnya dan dijelaskan oleh Yamin.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X