Libur Panjang, Ini 5 Tips Saat Berlibur di Tengah Pandemi

- 29 Oktober 2020, 16:24 WIB
Ilustrasi staycation. /Pexels/elina-sazonova/


GALAMEDIA - Pemerintah sudah mengantisipasi untuk tetap menjaga protokol kesehatan dalam menghadapi liburan panjang atau long weekend pekan ini. Sebab, jika tidak, khawatir kasus Covid-19 melinjak tajam selama longweekend.

Meski begitu, pilihan kembali berada di tangan masing-masing individu. Pilih bBaca Juga: Inovasi Pelayanan DPMPTSP Kabupaten Bandung, Kepuasan Masyarakat Naikersantai dengan anggota keluarga di rumah atau berlibur di luar rumah? Bagi kamu yang memutuskan untuk berlibur ke luar rumah, ada beragam hal yang harus ingat dan dipatuhi.

Berikut ini tips berlibur di tengah pandemi Covid-19 seperti dikutip galamedia dari lamanBaca Juga: Tak Mau Repot Saat Belanja, Ibu Tinggalkan Dua Anak Balitanya dalam Kandang di Parkiran helodoc:

Baca Juga: Nyaris Tak Ada Kehidupan di Bandara Kertajati yang Habiskan Uang Rp 2,6 Triliun

1. Selalu Patuhi Protokol 3M
Tips berlibur di tengah pandemi yang wajib dipatuhi adalah disiplin menerapkan protokol kesehatan. Menurut Satgas Penanganan Covid-19, salah satu cara melindungi diri dari serangan SARS-CoV-2 dengan menerapkan protokol 3M. Pertama, selalu kenakan masker bila beraktivitas di luar rumah, menjaga jarak, terakhir mencuci tangan dengan teratur.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Prof. Wiku Adisasmito berdasarkan jurnal internasional, mencuci tangan dengan sabun dapat menurunkan risiko penularan sebesar 35 persen.

Sementara itu, memakai masker kain mampu menurunkan risiko penularan sebesar 45 persen, dan 70 persen bila menggunakan masker bedah.

Baca Juga: Remuk Redam, Kontroversi Nabi Belum Usai Presiden Prancis Emmanuel Macron Nyatakan Lockdown Nasional

Jangan abaikan kebersihan tangan di tengah pandemi. Cucilah tangan setidaknya selama 20-30 detik. Gunakan sabun dan air atau pembersih tangan dengan alkohol setidaknya 60 persen.

Nah, waktu yang tepat untuk mencuci tangan, yaitu:

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X