Anak Tak Suka Makan Sayur? 8 Cara Penuhi Kebutuhan Serat pada Anak

- 30 Oktober 2020, 12:34 WIB
Buah-buahan yang kaya serat dan vitamin. /Medical News Today


GALAMEDIA - Anak-anak biasanya tidak suka makan sayur. PadahBaca Juga: Waswas AS Terus Jaring Sekutu, Xi Jinping Kian Mesra dengan Kim Jong-unal, pemenuhan kebutuhan serat sangat penting, utamanya bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.

Nutrisi tersebut membantu meregulasi penggunaan gula, menjaga rasa kenyang lebih lama, membantu pencernaan, dan mendukung pertumbuhan bakteri baik tubuh.

Sayangnya, pemenuhan serat pada anak-anak masih relatif minim. Salah satunya alasannya karena kebanyakan anak tak menyukai sayur, apalagi sayuran hijau yang merupakan sumber utama serat.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 4 Kesalahan Umum Saat Melakukan Diet Karbo

Dikutip galamedia dari laman klikdokter, sebuah riset pernah dilakukan di Jakarta menyoal ini. Dari riset tersebut, diketahui hanya 4,7% anak usia 1-3 tahun yang terpenuhi kebutuhan serat hariannya. Jumlah asupan serat diprediksi semakin menurun seiring bertambahnya usia.

Kebutuhan serat meningkat seiring pertambahan usia berdasarkan recommended dietary intake (RDI), yaitu:

Usia 1-3 tahun : 16 gr
Usia 4-6 tahun : 22 gr
Usia 7-9 tahun : 26 gr
Usia 10-12 tahun : 30gr

Baca Juga: Depak Suksesor Terkuat Korea Utara, Misteri Sosok Hyon Song-wol Kekasih Gelap Kim Jong-un

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk memenuhi kebutuhan serat anak? Jangan khawatir, walaupun anak tidak suka makan sayur, bukan berarti mereka harus kekurangan serat.

Selain berupaya agar mereka secara perlahan bisa menyukai sayur, ada beberapa alternatif yang bisa orang tua berikan. Berikut beberapa tipsnya:

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X