Kuaci, Tidak Hanya Camilan Favorit, Berikut 5 Manfaat Biji Matahari yang Tak Banyak Diketahui

- 30 Oktober 2020, 16:39 WIB
Manfaat Kuaci dari biji buah matahari /alodokter


GALAMEDIA - Kuaci, biasanya menjadi camilan di kala senggang. Saat ini kuaci dari biji bunga matahari ini diolah dengan berbagi rasa. Rasanya enak dan menjadi camilan favorit banyak orang.

Meski memiliki ukuran yang kecil, biji bunga matahari menyimpan banyak manfaat kesehatan, lho. Biji bunga matahari, seperti di kutip galamedia dari laman alodokter berasal dari tumbuhan bunga matahari (Helianthus annuus).

Baca Juga: Dilarang Bagi Bumil Untuk Mengonsumsi Makanan Setengah Matang, Ini Penjelasannya

Daging biji yang diselimuti oleh cangkang berwarna hitam bergaris putih ini memiliki cita rasa yang gurih dan bertekstur renyah. Selain dijadikan camilan, biji bunga matahari juga bisa menjadi pelengkap makanan, seperti salad atau bubur oatmeal.

Ragam Manfaat Biji Bunga Matahari
Biji bunga matahari mengandung protein, karbohidrat, serat, serta lemak. Selain itu, biji bunga matahari juga mengandung banyak vitamin dan mineral yang diperlukan oleh tubuh, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B3, vitamin B6, asam folat, magnesium, seng, tembaga, fosfor, dan zat besi.

Melihat banyaknya nutrisi tersebut, tak heran jika biji bunga matahari bisa mendatangkan beragam manfaat bagi kesehatan, di antaranya:

Baca Juga: Ini Kronologis Penikaman Terhadap Ustad M Zaid Saat Ceramah Maulid Nabi Muhammad SAW

1. Mencegah peradangan
Peradangan yang lama terjadi pada tubuh bisa memicu terjadinya penyakit kronis. Nah, manfaat biji bunga matahari dalam hal ini adalah mencegah munculnya peradangan di dalam tubuh.

Hal ini karena biji bunga matahari mengandung vitamin E, flavonoid, dan senyawa bioaktif yang dapat bertindak sebagai antiinflamasi untuk menghambat dan menekan reaksi peradangan.

Bahkan, dalam sebuah penelitian terbukti bahwa mengonsumsi biji bunga matahari sebanyak lima kali atau lebih dalam seminggu dapat menurunkan risiko terkena penyakit kronis, seperti penyakit jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X