Harbolnas VS Hari Jomblo: Jangan Bingung Antara 11.11 dan 12.12, Ini Sejarahnya

- 10 November 2020, 12:27 WIB
Ilustrasi Harbolnas
Ilustrasi Harbolnas /DOK Kredivo/


GALAMEDIA - Sejumlah iklan media massa, baik cetak, radio, televisi, maupun media online belakangan ini diramaikan dengan diskon gede-gedean dari sejumlah e-commerce di tanah air dengan mengambil momentum tanggal cantik 11.11. Yakni 11 November.

Banyak orang yang mengira bahwa 11.11 atau 11 November adalah hari belanja online nasional (Halbolnas). Nyatanya, Harbolnas di Indonesia ditetapkan pada 12 Desember sejak tahun 2012.

Dikutip galamedia dari laman harbolnas.idea.or.id, Harbolnas merupakan kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012.

Baca Juga: Jangan Remehkan Manfaat Rebung Si Tunas Bambu, di Antaranya Bisa Hambat Pertumbuhan Sel Kanker

Sebut saja Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak. Pesta belanja dengan diskon terbesar ini didukung sejumlah mitra seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logisitik hingga media.

Harbolnas 2020 yang kini dikawal Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) berkembang signifikan terbukti dengan jumlah pesertanya yang mencapai lebih dari 250 platform belanja online.

Dari berbagai sumber disebutkan bahwa 11.11 merupakan Hari Jomblo (Single Day) atau kebalikan dari hari Valentine. Jadi, diskon besar-besaran hari ini sebenarnya adalah hari untuk memperingati orang yang masih jomblo di China. Mereka yang mungkin merasa kesepian akan bisa menghibur dirinya dengan memanjakan diri dengan hadiah-hadiah yang mereka peroleh dari diskon.

Baca Juga: Cegah PMS dengan Hal Berikut Supaya Mood Tetap Stabil saat Datang Bulan

Dari situ-lah akhirnya tiap perayaan Hari single menjadi hari belanja online terbesar di dunia. Mengapa Hari Jomblo jatuh pada 11 November adalah karena tanggal 11/11 merepresentasikan empat angka satu, atau empat orang yang hidup sendiri (lajang), berdiri bersama.

Secara harfiah dapat juga diartikan sebagai "liburan satu batang atau single sticks holiday".

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X