Dua Pesawat Bertabrakan di Langit India, 349 Orang Meninggal Dunia pada 12 November 1996

- 12 November 2020, 09:35 WIB
Ilustrasi. (Twitter.com) /

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 12 November, dari tahun ke tahun. Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Di antaranya adalah peristiwa kecelakaan udara terbesar, dimana dua pesawat bertabrakan di udara, di atas langit India. Peristiwa itu menewaskan lebih dari 300 orang.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 12 November, yang dirangkum Galamedia dari wikipedia.org:

Baca Juga: Habib Rizieq: Bebaskan Ustadz Abu Bakar Ba'asyir, Habib Bahar bin Smith, Syahganda Nainggolan ...

1293
Menurut Kidung Harsa Wijaya, Nararya Sanggramawijaya menobatkan diri menjadi raja Majapahit yang pertama (tanggal 15 Kartika 1215 Saka) dengan gelar Kertarajasa Jayawardana.

1293
Diangkatnya Raden Haryo Ranggalawe sebagai Adipati Tuban kedua sekaligus pencetusan hari jadi Kabupaten Tuban untuk pertama kalinya.

1927
Revolusioner Rusia, Leon Trotsky, pada 12 November 1927 dikeluarkan oleh Josef Stalin setelah adanya pertentangan ideologi di tubuh Partai Komunis Rusia. Trotsky dan Stalin merupakan dua tokoh yang mempunyai peran besar dalam Partai Komunis Rusia.

Baca Juga: Rupiah Menguat 5 Poin ke Rp14.085/Dolar, IHSG Terjun 15,03 Poin

Partai Komunis Rusia pada mulanya dipimpin oleh Vladimir Lenin. Namun usai Lenin meninggal dunia, terjadi pertentangan ideologi antara Leon Trotsky dengan Josef Stalin.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X