“Mister Happy” dan “Miss Cheerful”: Istilah Seks yang Asyik, Ekspresif, dan Santai

- 19 November 2020, 11:33 WIB
Ilustrasi cara meningkatkan seksualitas pria. /PIXABAY/Clker-Free-Vector-Images


GALAMEDIA - Di Indonesia, negara dengan jumlah populasi Muslim terbesar di dunia, membicarakan seks menjadi hal yang masih tabu karena hal itu dianggap tidak sesuai dengan nilai-nilai agama dan budaya setempat.

Kondisi ini memaksa media di Indonesia menjadi sangat berhati-hati ketika mengangkat isu tentang seks. Jika tidak berhati-hati, media tersebut bisa menjadi target protes dan kecaman karena dianggap tidak menghormati nilai-nilai budaya dan agama yang berlaku di Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Acara TV, Kamis 19 November 2020 di SCTV, Yuk Nonton Anak Band dan Istri Tercinta

Salah satu kasusnya adalah majalah dewasa Playboy yang pada 2006 lalu diserang oleh Front Pembela Islam (FPI) dan juga ditolak peredarannya oleh Ma'ruf Amin yang saat itu menjabat Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Studi yang dilakukan oleh salah seraong Dosen Ilmu Komunikasi Binus University, Dian Sawono seperti yang dikutip galamedia dari laman The Conversation pada 2019 terhadap majalah perempuan Indonesia Cosmopolitan Indonesia menunjukkan strategi unik yang mereka lakukan dalam memastikan konten seks mereka masih dapat diterima oleh masyarakat Indonesia.

Baca Juga: Ini Arti dan Makna Asmaul Husna Al Ghani, Al Mughni, dan Al Maani, Yuk Pahami dan Amalkan

Cosmopolitan Indonesia merupakan majalah perempuan pertama yang berani membahas seks secara terbuka meski dengan gayanya sendiri.

Salah satu strategi mereka meliputi penciptaan istilah-istilah khusus dalam seks, seperti sebutan “Mister Happy” atau “rudal” untuk penis dan “Miss Cheerful” (vagina).

Studi saya menunjukkan bahwa strategi tersebut memang awalnya dibuat untuk merespons pembaca Indonesia yang sangat pasif dan normatif terkait topik seks. Namun pada akhirnya istilah-istilah unik tersebut membantu Cosmopolitan Indonesia membentuk identitas khusus yang membedakannya dengan majalah-majalah perempuan Indonesia lainnya.

Baca Juga: Terbaru, Harga Emas Hari Ini, Kamis 19 November 2020 Rata-rata Turun, Saatnya Investasi

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X