Pernikahan Putri Habib Rizieq Berbuntut Panjang, Kepala KUA Tanah Abang Dicopot dari Jabatannya

- 23 November 2020, 16:25 WIB
Putri Habib Rizieq, Syarifah Najwa Shihab dan menantunya Irfan Alaydrus resmi menikah pada Sabtu, 14 November 2020.
Putri Habib Rizieq, Syarifah Najwa Shihab dan menantunya Irfan Alaydrus resmi menikah pada Sabtu, 14 November 2020. /Instagram @titiksoeharto



GALAMEDIA - Pernikahan anak putri Rizieq Shihab, Najwa Shihab dan Muhamad Irfan di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat, Sabtu 14 November 2020 lalu, berbuntut panjang.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Tanah Abang Sukana akhirnya dicopot dari jabatannya karena dianggap mengabaikan ketentuan protokol kesehatan (prokes) saat menjalankan tugas pencatatan pernikahan Najwa Shihab dan Muhamad Irfan.

Sukana dimutasi sebagai penghulu di Kemenag Jakarta Pusat.

Baca Juga: Australia Diguncang Kejahatan Perang Afghanistan, Sembilan Tentara Bunuh Diri dalam Tiga Minggu

“Sukana mulai hari ini tidak lagi mendapat mandat tugas tambahan sebagai Kepala KUA. Sukana dimutasi sebagai penghulu di Kemenag Jakarta Pusat,” terang Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin dalam pernyataan tertulisnya kepada wartawan, di Jakarta, Senin 23 November 2020.

Menurut Kamaruddin, eputusan itu diambil setelah tim yang dibentuk Itjen Kemenag melakukan proses investigasi berkenaan insiden tersebut.

Ia menegaskan, keputusan tersebut sejalan dengan komitmen Menteri Agama Fachrul Razi yang memprioritaskan penerapan prokes jajaran Kemenag dalam bertugas.

Baca Juga: 12 Fatwa Dikeluarkan MUI Selama Pandemi Covid-19, Ini Alasannya

Hal itu wajib dilakukan demi menghindari penularan Covid-19 dalam melakukan pelayanan.

“Kepala KUA Tanah Abang dinilai mengabaikan ketentuan terkait protokol kesehatan dalam tugasnya,” sambungnya seperti dilansirkan PMJNews.

“Padahal sudah diatur dalam Surat Edaran Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Nomor: P-006/DJ.III/Hk.00.7/06/2020 tanggal 10 Juni 2020 tentang Pelayanan Nikah menuju Masyarakat Produktif Aman Covid,” jelas Kamaruddin.***

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x