Peran Keluarga Sangat Penting Bagi Lansia Agar Terhindar dari Covid-19

- 24 November 2020, 22:08 WIB
ilustrasi Lansia.
ilustrasi Lansia. /pixabay/pyou93/

GALAMEDIA - Jumlah warga lanjut Usia (lansia) di Kota Bandung berdasarkan data Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM) tahun 2019 mencapai 294.178 orang.

Dari jumlah tersebut, Gugus Tugas Penanganan Covid-19 mencatat, hingga per 20 November 2020 terdapat 384 lansia atau 13,31 persen yang terpapar Covid-19.

Kepala Bidang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Lansia, DP3APM Kota Bandung, Sekar Pujawidayanti mengungkap penyebab para lansia itu terpapar Covid-19.

Baca Juga: Ganjar Pranowo Dukung Libur Akhir Tahun Dihapus: Secukupnya Saja, Everyday Rasanya Seperti Sunday

"Mungkin terpaparnya dari keluarga. Kebanyakan lansia itu tetap di rumah tapi anggota keluarga banyak yang beraktifitas di luar rumah. Anak atau cucunya yang OTG sehingga bisa mudah memaparkan ke lansia," kata Sekar.

Ia mengatakan hal itu saat program Bandung Menjawab di Balai Kota Bandung, Selasa 24 November 2020. Ditambahkan Sekar, golongan lansia sangat rentan terpapar oleh covid-19.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya bersama relawan lansia terus menyosialisasikan penerapan protokol kesehatan. Hal ini sebagai langkah positif meningkatnya angka terpapar di kalangan lansia.

Baca Juga: Indonesia Tidak Beli Vaksin Covid-19 dari Pfizer atau Moderna, Ini yang Jadi Alasannya

"Kami punya teman-teman relawan yang ada di seluruh kecamatan yaitu tergabung dalam sahabat lansia. Kami bekerjasama dengan mereka untuk memberikan sosialisasi door to door untuk melihat kondisi lansia yang ada di wilayahnya masing-masing," jelasnya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x