Maradona, Si Tangan Tuhan dan Gol Terbaik Sepanjang Masa Versi FIFA

- 26 November 2020, 08:26 WIB
Kapten Timnas Argentina, Diego Maradona (tengah), mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986.
Kapten Timnas Argentina, Diego Maradona (tengah), mencetak gol menggunakan tangannya ke gawang Inggris yang dijaga Peter Shilton (kanan), pada babak perempat final Piala Dunia 1986. /Dok. FIFA/

GALAMEDIA - Legenda sepakbola, Diego Maradona telah tiada. Ia meninggal pada Rabu 25 November 2020 di usianya yang ke-60.

Salah satu aksinya yang paling fenomenal yaitu golnya ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986. Lewat gol itulah ia dikenal sebagai Si Tangan Tuhan.

Dari penelusuran galamedia, saat Piala Dunia 1986 ia ditunjuk sebagai kapten timnas Argentina.

Baca Juga: Tips & Trik Menghadapi Covid-19: Iman, Aman dan Imun

Di saat itu juga Argentina menjadi juara Piala Dunia. Ini merupakan tropi kedua bagi Argentina. Praktis, para pecinta sepakbola menilai, prestasi itu berkat Maradona.

Pada Piala Dunia di Meksiko tersebut, Maradona membuat gol terbaik sepanjang masa versi FIFA yaitu ketika Argentina bertemu Inggris di babak perempat final.

Pada saat itu Maradona melakukan sprint sambil membawa bola dari tengah lapangan, kemudian melewati 5 orang pemain Inggris (Glenn Hoddle, Peter Beardsley, Steve Hodge, Peter Reid, Terry Butcher) dan menaklukkan kiper kenamaan Inggris, Peter Shilton.

Baca Juga: Menteri KKP Edhy Prabowo Tersangka, Uang Suap Dipakai Belanja Barang Mewah di Amerika Serikat

Semua itu dilakukan Maradona hanya dalam rentang waktu kurang lebih 10 detik.

Namun sebelumnya, Maradona memecah kebuntuan menit ke-51 di laga yang penuh gensi tersebut. Gol inilah yang kemudian menjadi kontroversi.

 



Pasalnya gol tersebut dicetak menggunakan tangan. Inilah yang di kemudian hari Maradona disebut sebagai Si Tangan Tuhan.

Baca Juga: Bikin Geger, Mobil Berplat RI 1 Nekat Terobos Pintu Mabes Polri

Ia akhirnya mengakui bahwa hal tersebut dilakukan dengan sengaja pada 22 Agustus 2005.

Apa pun kontroversinya, sebagai bentuk penghormatan, maka didirikanlah patung Maradona ketika sedang mencetak gol di depan pintu masuk stadion Stadion Azteca.

Saat ini, Argentina pun menetapkan sebagai hari berkabung nasional selama 3 hari.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x