Duh, Angka Harian Terkonfirmasi Covid-19 Harian di Kota Bandung Capai Rekor Tertingi

- 27 November 2020, 07:00 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara simbolis menerima donasi dari sembilan perusahaan swasta dan satu yayasan pemerintah untuk penanganan Covid-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa, 24 November 2020.
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil secara simbolis menerima donasi dari sembilan perusahaan swasta dan satu yayasan pemerintah untuk penanganan Covid-19, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa, 24 November 2020. /(Foto: Yogi P/Humas Jabar)

GALAMEDIA - Angka terkonfirmasi positif Covid-19 per hari di Kota Bandung capai rekor tertinggi pada Rabu 25 November 2020 lalu dengan kasus baru mencapai 146 orang.

"Sepertinya begitu (angka kasus tertinggi per hari)," kata Koordinator Bidang Perencanaan, Data, Kajian dan Analisa Gugus Tugas Covid-19 Kota Bandung, Ahyani Raksanagara di Bandung, Jumat 27 November 2020.

Sejak Covid-19 mewabah di Kota Bandung pada Maret 2020 lalu, kata dia, kasus harian tidak pernah melebihi angka 100. Sehingga total kasus terkonfirmasi Covid-19 secara kumulatif sudah mencapai angka 3.185 orang dengan adanya penambahan rekor harian tersebut.

Baca Juga: Gantikan Ma'ruf Amin, Kiai Miftah Jabat Ketua Umum MUI 2020-2025

Selain itu, kini angka kasus terkonfirmasi Covid-19 aktif mencapai 623 orang yang belum dinyatakan sembuh. Bersamaan dengan itu, ada pula sebanyak 7 orang yang dinyatakan sembuh dari Covid-19, dengan total angka kesembuhan sebanyak 2.451 orang.

"Melihat temuan kasus positif meningkat karena pelacakan dan pemeriksaan laboratorium terus dilakukan. Pergerakan manusia antar daerah tidak ada pembatasan," kata Ahyani.

Selain pelacakan yang masif, menurutnya Pemerintah Kota Bandung juga mengasumsikan kini banyak warga yang tidak disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya.

Baca Juga: Ini Dia Cara Mengatasi Amarah Ala Rasulullah

"Angka reproduksi memang rendah namun yang positif di masyarakat tinggi, karena memang kontak antar manusia tinggi," kata dia.

Untuk itu, ia mengimbau kepada masyarakat agar mengurangi aktivitas yang tidak perlu, apalagi aktivitas yang berpotensi menjadi penyebaran Covid-19.

"Bila ada kelompok rentan di keluarga, maka lebih waspada dalam menerapkan protokol kesehatan. Kurangi pertemuan antar orang dan batasi pergerakan yang tidak perlu," katanya.

Baca Juga: Hadapi Libur Akhir Tahun, Satgas Covid-19 Kota Bandung Bentuk 12 Tim Pantau Keramaian

Sejauh ini berdasarkan data dari Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Bandung, sudah ada 111 orang yang dinyatakan meninggal dalam status terkonfirmasi Covid-19.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x