Ridwan Kamil Optimistis Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon Terealisasi Akhir 2021

- 28 November 2020, 16:33 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri acara Gerakan Nasional Pemulihan DAS Tahun 2020 di Kebun Raya Kuningan, Kabupaten Kuningan, Sabtu 28 November 2020.
Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat menghadiri acara Gerakan Nasional Pemulihan DAS Tahun 2020 di Kebun Raya Kuningan, Kabupaten Kuningan, Sabtu 28 November 2020. /Humas Jabar



GALAMEDIA - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan telah menanam 19 juta bibit pohon di lahan kritis selama satu tahun Gerakan Tanam dan Peliharan 50 Juta Pohon.

"Alhamdulillah baru satu tahun sudah tertanam 19 juta pohon. Kami harap tahun depan melebihi target," katanya menghadiri acara Gerakan Nasional Pemulihan DAS Tahun 2020 di Kebun Raya Kuningan, Kabupaten Kuningan, Sabtu 28 November 2020.

Ia menjelaskan, latar belakang munculnya gerakan tersebut adalah banyak lahan kritis di Jabar yang berpotensi menyebabkan bencana longsor dan banjir.

Baca Juga: Jelang Akhir Masa Jabatan, Rumah Dinas Bu Risma Ditutup Pagar Tinggi

Oleh karena itu, ia berharap Gerakan Tanam dan Pelihara 50 Juta Pohon dapat terealisasi dengan cepat. Lahan-lahan kritis memiliki nilai tambah, dan lahan-lahan gundul kembali dipenuhi pohon.

"Saya suka naik motor berkeliling (Jabar), dan masih ada lahan yang gundul. Saya kira harus tepat sasaran karena bibit pohon tersedia cukup banyak," ucapnya.

Ridwan Kamil optimistis target menanam 20 juta bibit pohon terwujud pada akhir 2020. Selain itu, ia juga menargetkan 50 juta bibit pohon tertanam pada akhir 2021.

Baca Juga: Kedinginan? Ini 10 Makanan yang Cocok saat Musim Hujan untuk Hangatkan Badan dan Manjakan Lidah

"Salah satunya didukung oleh komitmen dari Pak Presiden saat di Bogor akan menyumbang 25 juta bibit pohon ke Jawa Barat," katanya.

Menurutnya, sekitar 27 ribu anggota Kwartir Daerah (Kwarda) Pramuka Jabar akan ikut dalam penanaman bibit pohon bersama Dinas Kehutahan (Dishut) Jabar.

Nantinya, 27 ribu anggota Pramuka akan dikomandoi oleh Ketua Kwarda Pramuka Jabar Atalia Praratya Ridwan Kamil, dan disebar ke 27 kabupaten/kota di Jabar.

Baca Juga: Dibalik Rumah Ajay yang Megah, Warga Sering Dibuat Kesal Karena Banyak Mobil Parkir di Dalam Gang

"Salah satu organisasi yang paling siap adalah Pramuka. Jadi di bulan- bulan ini ada 27 ribu pasukan Pramuka bekerja sama dengan Dishut Jabar akan menanam pohon di 27 kabupaten kota," katanya.

"Mudah-mudahan pramuka akan menjadi inspirasi atau contoh terdepan dalam menyelamatkan lingkungan," ucapnya. ***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x