Gelar Apel Akbar, Jutaan Banser Siap Hadapi Kelompok yang Ingin Kacaukan Indonesia

- 29 November 2020, 06:05 WIB
Banser Gelar Apel Kebangsaan se-Pulau Jawa, Yaqut: Banyak Potensi yang Mengancam
Banser Gelar Apel Kebangsaan se-Pulau Jawa, Yaqut: Banyak Potensi yang Mengancam /Instagram.com/@gusyaqut

GALAMEDIA - Barisan Ansor Serbaguna (Banser) akan menggelar Apel Kebangsaan Minggu, 29 November 2020 ini. Apel akan melibatkan kader-kader Banser di seluruh Pulau Jawa.

Apel akbar ini sekaligus merespons dinamika politik belakangan ini yang berpotensi mengancam keutuhan bangsa.

Ketua Umum Pimpinan Pusat Gerakan Pemuda (GP) Ansor Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, Apel Kebangsaan akan digelar secara virtual atau daring.

Baca Juga: Gempa Bumi Cukup Besar Guncang Dua Wilayah di Indonesia, Sabtu, 28 November 2020

Seperti dikutip galamedia dari Antara, Apel yang akan diikuti anggota Banser se-Pulau Jawa ini diharapkan mampu membangkitkan kembali kesadaran seluruh elemen bangsa akan pentingnya makna persatuan dan kesatuan.

Menurut Gus Yaqut, sapaan akrabnya, apel yang melibatkan kader inti GP Ansor tersebut sengaja digelar karena adanya perbedaan pandangan politik ataupun agama yang muncul akhir-akhir ini menyebabkan polarisasi di tengah masyarakat.

Jika kondisi ini tak diantisipasi sejak dini dan kurang disikapi dengan baik, lanjutnya, maka sangat mungkin akan mengoyak tatanan persatuan bangsa.

Baca Juga: Viral, Seorang Pemuda di Ponorogo Nikahi Nenek Berusia 76 Tahun yang Baru Dikenal Sebulan

"Apel ini untuk mengingatkan kembali kepada seluruh elemen bangsa bahwa menjaga persatuan dan kesatuan dalam perbedaan pandangan politik ataupun agama adalah satu-satunya cara yang harus dipertahankan," katanya.

Lewat Apel Kebangsaan, pihaknya juga mengingatkan kepada semua pihak bahwa dialog adalah jalan terbaik untuk menyelesaikan persoalan bangsa.

Untuk itu, kata dia, GP Ansor dan Banser mengimbau kepada semua pihak untuk menghindari aksi-aksi pemaksaan dan kekerasan demi kepentingan politiknya.

Baca Juga: Gara-gara Swab Test Habib Rizieq, RS UMMI Bogor Dilaporkan ke Polisi

Gus Yaqut menegaskan imbauan tersebut penting karena bangsa Indonesia juga akan memiliki gawe besar, yakni pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada 9 Desember 2020 mendatang.

Terhadap kelompok-kelompok yang berupaya mengacaukan bangsa Indonesia, Gus Yaqut mengingatkan agar mereka segera menghentikan niatnya tersebut.

Jika tak diindahkan maka jutaan kader Banser siap membantu pemerintah menghadapi mereka.

Baca Juga: Liverpool Diimbangi Brighton, Dua Gol Mohamed Salah dan Sadio Mane Dianulir VAR

"Kepada para 'penumpang gelap' jangan sekali-kali memaksakan kehendak. GP Ansor dan Banser akan bersama-sama TNI/Polri melawan setiap bentuk upaya memecah belah persatuan dan kesatuan," tegas Panglima Tertinggi Banser tersebut.

Meski dilaksanakan secara virtual, kegiatan itu akan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 secara ketat dengan inspektur upacara pada Apel Kebangsaan adalah Sekretaris Jenderal Abdul Rochman, sedangkan Ketua Umum PP GP Ansor Yaqut Cholil Qoumas akan menyampaikan orasi kebanggsaan.

Adung, sapaan Sekjen Ansor, menambahkan peserta apel sifatnya terbatas karena hanya mengikutkan perwakilan dari masing-masing pengurus cabang dan wilayah dengan menerapkan protokokol kesehatan ketat.

Baca Juga: Wali Kota Cimahi Tersangka KPK, PDIP Jabar: Pak Ajay Tak Makan Uang Rakyat Tapi Tergelincir

"Mereka mewakili 5 juta kader Banser yang ada di Pulau Jawa," jelas Adung.***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x