SMAN 1 Tasikmalaya Masuk Top 1000 Sekolah Dengan Nilai TPS UTBK Tertinggi Nasional

- 30 November 2020, 16:44 WIB
 Kepala sekolah bersama tenaga pengajar SMAN 1 Tasikmalaya berfoto bersama di kampus tersebut.
Kepala sekolah bersama tenaga pengajar SMAN 1 Tasikmalaya berfoto bersama di kampus tersebut. /istimewa/
 
GALAMEDIA - Menjadi kebanggan tersendiri ketika sekolah kebanggaan warga Tasikmalaya, menjadi salah satu sekolah dari seribu sekolah se Indonesia yang meraih nilai tertinggi. SMAN 1 Tasikmaya raih Top 1000 sekolah dengan nilai TPS UTBK tertinggi Nasional tahun 2020 versi Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan Top One di Kota Tasikmalaya.

Demikian diungkapkan Kepala Sekolah SMAN 1 Tasikmalaya Kepala Sekolah SMAN 1 Kota Tasikmalaya Drs H Anda Sujana M.pd saat memberikan keterangan kepada wartawan, Senin 30 November 2020.

Dikatakanya, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi atau biasa disebut (LTMPT) adalah lembaga penyelenggara tes masuk perguruan tinggi bagi calon mahasiswa baru. Lembaga ini berada di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) yang beralamat di Gedung D Lt. 2 Komplek Kemdikbud, Jl. Pintu 1 Senayan Jakarta.
 
Baca Juga: Panglima TNI Kirim Pasukan Khusus ke Sigi, Mahfud MD: Itu Bukan Gerakan Keagamaan Tapi Kejahatan

LTMPT juga, kata Anda, merupakan lembaga terbaik di Indonesia yang mefokuskan diri pada penyelenggaraan tes masuk perguruan tinggi serta memiliki tujuan yaitu melaksanakan tes yang kridibel, adil, transparan, fleksibel, efesien, dan akuntabel.

"Sebagaimana dimafhumi bersama bahwa peningkatan kualitas proses seleksi penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi telah menjadi kebutuhan, sekaligus kebijakan nasional," katanya.

Upaya peningkatan itu, lanjut Anda, telah dilaksanakan sejak tahun 1976. Dimana kita mengenal SKALU (Sekretariat Kerjasama Antar Lima Universitas – Sipenmaru (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) – UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri) – SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) dan pada tahun 2008 berubah menjadi SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri) untuk penelusuaran kemampuan dan prestasi akademik sedang untuk pola ujian tertulis dengan SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri), pada akhirnya di tahun 2018 terdapat tiga jalur yaitu SNMPTN, SBMPTN, dan Mandiri.
 
Baca Juga: Aktivitas Layanan Perkantoran Pemkot Cimahi Berjalan Normal Pasca Ditangkapnya Ajay M Ngatiana

Dengan dikeluarkannya rilis resmi dari LTMPT “TOP 1000 Sekolah dengan Nilai Rerata TPS UTBK Tertinggi Tahun 2020” dari jumlah 21.302 sekolah, 662.404 peserta didik, rerata tertinggi peserta didik 681.885 dan terendah 353.725.

Sekali lagi SMA Negeri 1 Tasikmalaya mampu dan bisa sejajar dengan sekolah-sekolah unggulan lainnya di Indonesia dengan menempati urutan ke 566 dengan rerata nilai 525.782 (https://top-1000-sekolah.ltmpt.ac.id/)

"Alhamdulillah kebanggaan warga SATAS dimasa pandemik ini hadir kembali. Kami atas nama keluarga besar SATAS (Pendidik, Tenaga Kependidikan, Peserta Didik, Komite Sekolah, para alumni, dan simpatisan serta pemerhati) mengucapkan Selamat/Wilujeng kepada keluarga besar SATAS atas capaian prestasi tersebut," katanya.
 
Baca Juga: Diberondong 12 Pembunuh Jitu Israel, Terungkap Detail Luar Biasa Eksekusi Target Nomor Satu Mossad

Ditambahkan Anda, semoga menjadik titik awal kemajuan yang akan disusul dengan capai prestasi “cemerlang” lainnya di tahun-tahun mendatang. Sehingga SATAS tetap hadir, dipercayai, dan dihormati di tengah masyarakat (Customer) karena keyakinan serta keterjamina layanan proses pendidikannya.

Wakasek Humas Hj Ina Reina Susanti, S.Pd, M.MPd menambahkan, raihan ini tidak terlepas juga dari kegigihan para siswa dalam melaksanakan pembelajaran meski banyak dilaksanakan secara virtual. Tentunya bisa masuk dalam seribu nilai TPS UTBK tertinggi Nasional itu tidak mudah. Perlu keterlibatan semua pihak, sehingga bisa mencapai yang terbaik.

Pihaknya akan terus berupaya memberikan yang terbaik dalam kegiatan belajar mengajar. Hal ini merupakan cita-cita dan tolak ukur dalam menciptakan siswa yang berkarakter maupun berprestasi di berbagai bidang. Terutama dalam bidang akademik.
 
Baca Juga: Tidak Transparan, PMII Soroti KUA-PPAS Pemkab Tasikmalaya dan Dianggap Cacat Prosedur

"Kami akan terus melakukan pengarahan, pemberian semangat juga melakukan pendampingan sebagai tenaga pendidik sekaligus sahabat para siswa. SATAS tetap teratas dan cemerlang," ucapnya. 
 

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x