Effendi Gazali vs Susi Pudjiastuti Soal Benih Lobster, Sang Guru Besar: Punah dari Sebelah Mana?

- 30 November 2020, 22:30 WIB
Effendi Gazali tantang Susi Pudjiastuti debat terbuka
Effendi Gazali tantang Susi Pudjiastuti debat terbuka /YouTube / Rumah Pemilu/

GALAMEDIA - Ketua Komisi Pemangku Kepentingan dan Konsultasi Publik KKP, Effendi Gazali kembali menyatakan kesiapannya untuk berdiskusi dengan mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti.

Seperti diketahui keduanya memiliki pandangan berbeda terkait ekspor benih lobster. Susi Pudjiastuti sama sekali tak mendukung ekspor benih lobster. Sedangkan Effendi Gazali pro kebijakan ekspor.

"Di media sosial ada kalimat apakah Effendi masih berani diskusi dengan Bu Susi setelah penangkapan (Edhy Prabowo)? Saya siap diskusi. Ayo di mana, apakah di DPR, di media, mudah-mudahan Bu Susi hadir," katanya dalam webinar bersama Masyarakat Akuakultur Indonesia (MAI), Senin 30 November 2020.

Baca Juga: Tewaskan 27 Warga Poso, Terduga Teroris Taufik Bulaga Ternyata Penerus Dr Azhari

Guru Besar tetap Program Pascasarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) dalam Bidang Ilmu Komunikasi ini mengaku memiliki kajian soal ekspor benih lobster. Dia menyebut potensi ekonominya mencapai Rp850 miliar.

Menurutnya, Jika dilarang ekspor, maka praktik penyelundupan benur marak terjadi.

Polemik ekspor benih lobster menarik Susi dan Efendi dalam pembelahan pendapat di media sosial.

Dalam video yang diunggah di Twitter, Efendi yakin lobster tak akan punah meski benurnya diekspor.

"Jumlah telur lobster 26,9 miliar per tahun, jumlah larvanya menjadi 24,7 miliar per tahun, dan yang menjadi puerulus 12,3 miliar per tahun. Jadi jangan ada yang mengatakan, ini bisa punah. Punah dari sebelah mana?" katanya.

Baca Juga: Tolak Keras Normalisasi, Fadli Zon Sampaikan 6 Langkah untuk Melawan Arogansi Israel

Susi menanggapi pernyataan Efendi dalam video tersebut. Dia menyayangkan Efendi memberikan justifikasi atas kekeliruan ekspor benih lobster.

"Keilmuan tinggi seorang guru besar doktor dalam menjustifikasi/memperlihatkan/meninggikan/membenarkan ignorances untuk pembenaran ekspor bibit lobster, saya tidak berilmu dan saya berduka," tulis Susi dalam akun pribadi @susipudjiastuti.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x