Nurtisi yang Cukup Bisa Bantu Perlambat Perkembangan HIV

- 1 Desember 2020, 10:05 WIB
Poster World AIDS Day atau Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember.
Poster World AIDS Day atau Hari AIDS Sedunia yang diperingati setiap tanggal 1 Desember. /Freepik

GALAMEDIA - Hari ini, 1 Desember 2020 menjadi Hari Peringatan Sedunia. Untuk tahun ini, pemenuhan nutrisi menjadi salah satu isu yang perlu diperhatikan terutama pada orang dengan HIV (Human Immunodeficiency Virus).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan, nutrisi yang tercukupi bisa membantu memperlambat pengembangan HIV menjadi AIDS atau kondisi stadium 3 HIV sekaligus meningkatkan kualitas hidup mereka.

Seperti diketahui, pada mereka dengan HIV, sistem imun bekerja lebih keras melawan infeksi yang menyerang mereka dan inilah yang terkadang membuat mereka membutuhkan lebih banyak energi dan nutrisi dari makanan.

Baca Juga: Yuk Bangkitkan Ekomoni dan Pulihkan Kesehatan Lewat 3M 1T

Lalu diet atau pola makan seperti apa yang harus mereka terapkan?

Dilansirkan Antara dari Medical News Today, diet banyak buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian; lalu sumber protein tanpa lemak, seperti ikan, unggas, atau kacang-kacangan, lemak yang menyehatkan, seperti yang berasal dari kacang-kacangan, minyak zaitun, atau alpukat dan batasi makanan yang diproses atau tinggi gula atau garam.

Namun seringkali ada masalah dalam pemenuhan nutrisi ini, antara lain karena obat yang diminum bisa mengurangi nafsu makan, ada gejala seperti mual dan muntah membuat sulit makan dan kelelahan serta depresi.

Belum lagi jika ada diare, yang membuat nutrisi makanan tak sempat dicerna tubuh.

Baca Juga: Pandemi Corona Belum Usai, Korea Selatan Diterjang Wabah Flu Burung

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x