Seruan Jihad Lewat Adzan, Wamenag: Jika Dimaksudkan Memberi Pesan Berperang, Jelas Tidak Relevan

- 1 Desember 2020, 10:25 WIB
Viral! Adzan ‘Hayya Alal Jihad’ di Medsos,
Viral! Adzan ‘Hayya Alal Jihad’ di Medsos, /Jurnal Presisi/YouTube / LDTV

GALAMEDIA - Beredarnya sebuah video yang mengumandangkan adzan dengan menggantinya kalimatnya menjadi hayya alal jihad atau seruan jihad lewat adzan, membuat heboh masyarakat.

Wakil Kementerian Agama (Wamenag) Zainut Tauhid pun angkat bicara menangggapi video tersebut.

Zainut Tauhid Saad menganggap panggilan adzan dan menyatakan panggilan tersebut tidak relevan jika dikaitkan dengan situasi Indonesia saat ini.

Baca Juga: Satu Unit Rp 268 Miliar, NASA Ungkap Alasan Mahalnya Toilet Luar Angkasa

"Jika seruan itu dimaksudkan memberi pesan berperang, jelas tidak relevan. Jihad dalam negara damai seperti Indonesia ini tidak bisa diartikan sebagai perang," kata Zainut seperti dilansirkan Antara, Senin, 30 November 2020.

Namun ia belum bisa menyimpulkan maksud dari konten adzan yang viral tersebut. Jika itu dimaksudkan untuk menyampaikan pesan perang di Indonesia, maka tidak relevan karena saat ini dalam situasi damai.

Wamenag mengajak pimpinan ormas Islam dan para ulama untuk bisa memberikan pencerahan kepada masyarakat agar tidak terjebak pada penafsiran tekstual tanpa memahami konteks dari ayat Al Quran atau Al Hadits.

Baca Juga: Yuk Bangkitkan Ekomoni dan Pulihkan Kesehatan Lewat 3M 1T

Pemahaman agama yang hanya mendasarkan pada tekstual, lanjutnya, dapat melahirkan pemahaman agama yang sempit dan ekstrem. Apapun motifnya, video tersebut bisa berpotensi menimbulkan kesalahan persepsi di masyarakat.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x