Gunung Semeru Luncurkan Guguran Awan Panas, 550 Warga Terpaksa Mengungsi

- 1 Desember 2020, 13:28 WIB
Guguran lava pijar Gunung Semeru.
Guguran lava pijar Gunung Semeru. //Antara News

GALAMEDIA - Gunung Semeru meluncurkan guguran awan panas, Selasa 1 Desember 2020 pukul 01.23 WIB. Akibatnya sekitar 550 warga yang tinggal di kawasan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Provinsi Jawa Timur, mengungsi.

Dikutip dalam siaran pers Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang, Selasa 1 Desember 2020 pukul 09.00 WIB, sebanyak 300 warga mengungsi di pos pantau dan sisanya di Desa Supiturang.

Wilayah yang berpotensi terdampak aktivitas vulkanik Gunung Semeru, meliputi Desa Supiturang, Oro-oro Ombo, dan Rowobaung di Kecamatan Pronojiwo serta Desa Sumberwuluh di Kecamatan Candipuro di Kabupaten Lumajang.

Baca Juga: Truk Tangki Meledak di SPBU MT Haryono, Suara Dentuman Kagetkan Warga

BPBD Kabupaten Lumajang sudah membuka posko pengungsian di Kamar Kajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro serta membagikan 4.000 masker kepada warga di daerah terdampak.

Aparat TNI, Polri, dan dinas terkait terlibat dalam penanganan darurat dampak peningkatan aktivitas vulkanik Gunung Semeru.

Status aktivitas vulkanik Gunung Semeru berada pada level II atau Waspada.

Baca Juga: Link dan Nomor WA untuk Dapatkan Token Listrik Gratis

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) ​​​​​​​meminta warga tidak melakukan aktivitas di dalam radius satu km dan wilayah sejauh empat km di sektor lereng selatan-tenggara kawah aktif yang merupakan wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x