Kaya Mendadak Gara-gara Ambergris, Dikira Batu ternyata Muntahan Paus yang Diburu Industri Parfum

- 1 Desember 2020, 14:05 WIB
/Tim Galamedia/

GALAMEDIA - Seorang nelayan Negeri Gajah Putih yang selama ini hidup dengan terbilang sederhana kini jadi calon miliuner berkat asetnya yang berharga. Semua berkat temuannya yang diprediksi sebagai Ambergris terbesar di dunia.

Ambergris yang merupakan muntahan ikan paus sperma miliknya ditaksir senilai £ 2,4 juta atau tak kurang dari Rp 45 miliar.

Bukan sembarang muntahan, Ambergris   dianggap bak harta karun laut karena kandungan alkoholnya yang tak berbau.

Alkohol dari Ambergris biasa diekstraksi untuk membuat aroma parfum bertahan lebih lama. Termasuk yang menggunakannya brand dunia Coco Chanel.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan, Bapenda Kabupaten Bandung Buka 8 Layanan Pembayaran PBB

Nelayan beruntung bernama Naris Suwannasang (60) mengaku melihat gumpalan pucat seperti batu saat tengah berjalan di tepian laut  Nakhon Si Thammarat, Thailand selatan.

Dia lalu memanggil sepupunya untuk membawa pulang temuan tak biasa tersebut. Ternyata,  benda menyerupai batuan besar itu sekresi langka paus yang digunakan sebagai bahan mahal dalam produksi industri parfum dunia.

Baca Juga: Massa Tuding Kepulangan Habib Rizieq Bikin Kerja Keras Satgas Covid-19 Jadi Sia-sia

Naris mengujinya dengan membakar permukaan menggunakan korek api. Hasilnya, “si batu” langsung meleleh dan mengeluarkan bau musky.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X