Astagfirullah, Kasus HIV/AIDS di Kota Cimahi Cukup Tinggi Akibat Seks Bebas

- 1 Desember 2020, 19:11 WIB
ILUSTRASI HIV/AIDS.*
ILUSTRASI HIV/AIDS.* /REUTERS

GALAMEDIA - Tahun ini, ada 92 temuan kasus baru HIV/AIDS di Kota Cimahi, dimana 36 kasus di antaranya merupakan warga Kota Cimahi. Temuan tersebut didapat dari hasil tes HIV yang dilakukan terhadap 10.086 orang.

Sementara jumlah penderita HIV/AIDS sejak tahun 2005 hingga Oktober 2020 di Kota Cimahi mencapai 855 orang. Sebanyak 517 di antaranya warga Kota Cimahi, sementara sisanya berasal dari luar Kota Cimahi.

Tingginya kasus HIV/AIDS di Kota Cimahi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi mengingatkan masyarakat untuk tidak melakukan seks bebas. Apalagi melakukan hubungan tanpa ikatan suami istri.

Baca Juga: Begini Cara Hapus Suntuk Selama di Rumah

Sebab, aktivitas seks bebas berisiko tinggi menularkan virus HIV/AIDS. Seperti yang terjadi selama ini, dimana terhitung sejak tahun 2005 penularan kasusnya kebanyakan ditularkan dari aktivitas seks bebas.

"Malah sekarang ini cenderung temuannya lewat seksual. Kalau lewat jarum suntik udah nggak ada," kata Kepala Seksi (Kasi) Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Menular pada Dinkes Kota Cimahi, Romi Abdurahkman saat ditemui, Selasa 1 Desember 2020.

Untuk menjaring penderita HIV/AIDS, kata Romi, tahun ini mulai dilakukan screening terhadap ibu hamil sesuai arahan dari Pemprov Jabar. Seperti yang dilakukan pada Hari HIV/AIDS sedunia ini dimana pihaknya melakukan screening terhadap ibu hamil di sejumlah tempat.

Baca Juga: Diciduk Polisi Karena Bawa Sabu-Sabu dan Tembakau Sintetis, Oknum PNS Ini Bikin Geram Bupati Garut

Dalam proses screening tersebut, bukan hanya HIV/AIDS yang disasar. Tapi bersamaan dengan Hepatitis B dan Sipilis. Apabila ditemukan, maka pihaknya bisa segera melakukan antisipasi dan pengobatan.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x