Pemkab Gencar Edukasi Protkes Covid-19 Jelang Pilkada

- 4 Desember 2020, 09:24 WIB
 KPU Kabupaten Bandung menggelar rapat pleno penetapan DPT untuk Pilkada 2020 di Aula Bale Pinter, Soreang, Kamis 15 Oktober 2020. (Ziyan Muhammad Nasyith/GM).
KPU Kabupaten Bandung menggelar rapat pleno penetapan DPT untuk Pilkada 2020 di Aula Bale Pinter, Soreang, Kamis 15 Oktober 2020. (Ziyan Muhammad Nasyith/GM). /

GALAMEDIA - Meskipun kasus positif covid-19 di Kabupaten Bandung terus bertambah, namun perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Bandung tetap berjalan.

Hingga saat ini, pemerintah daerah bersama unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Bandung, gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Baik terkait pelaksanaan Pilkada pada 9 Desember mendatang, maupun edukasi penegakkan disiplin protokol kesehatan (protkes) pencegahan covid-19.

“Kurang lebih 6 hari lagi, masyarakat Kabupaten Bandung akan menggunakan hak suaranya dalam menentukan kepala daerah untuk lima tahun ke depan. Meskipun dilaksanakan di tengah wabah, dengan koordinasi yang terjalin antara pemerintah daerah dan forkopimda, insya Allah pelaksanaan pilkada dapat berjalan dengan kondusif,” ucap Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Bandung H. Kawaludin di Soreang, Kamis 3 Desember 2020.

Baca Juga: AS Roma Hambat Langkah Young Boys ke Babak 32 Besar, Usai Menang 3-1 di Kandang

Angka kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bandung per tanggal 3 Desember 2020, mencapai 2005 kasus. Dengan rincian korban meninggal sebanyak 63 orang, 681 orang dalam proses perawatan dan 1261 orang dinyatakan sembuh.

Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilkada, tutur Kasatpol, pihaknya bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Bandung, melakukan diseminasi secara masif hingga tingkat Rukun Warga (RW).

Pertengahan November lalu, Kabupaten Bandung sempat dinyatakan berada pada level tinggi (merah) risiko covid-19. Namun kembali turun ke level sedang (oranye) seiring penambahan angka pasien sembuh.

Baca Juga: Ustaz Maaher Terancam 6 Tahun Penjara, 'Cantik' dan 'Jilbab' di Foto Habib Luthfi Jadi Bukti

“Dalam Pileg (pemilihan legislatif) 2019, angka partisipasi masyarakat Kabupaten Bandung mencapai 63 persen. Dengan sinergitas antara Desk Pilkada, KPU dan Bawaslu, tingkat partisipasi masyarakat pada pilkada yang dilaksanakan Rabu 9 Desember 2020, ditargetkan mencapai 77.5 persen,” tutur Kawaludin.

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x