Suami Politisi Top Ayah Entrepreneur, Ini Perempuan Inggris yang Jauh Lebih Kaya dari Ratu Elizabeth

- 4 Desember 2020, 14:43 WIB
/Tim Galamedia/

GALAMEDIA - Memiliki aset tak kurang dari £350 juta atau Rp 6,6 triliun ternyata tak cukup menjadikan Ratu Elizabeth sebagai perempuan paling kaya di Inggris.

Diungkap Sunday Times Rich List, kekayaan penguasa monarki berusia 94 tahun itu masih kalah oleh istri salah satu politisi terkemuka Inggris, Akshata Murthy.

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Jumat (4 Desember 2020) perempuan berdarah India yang merupakan istri Kanselir Inggris, Rishi Sunak itu memiliki saham di perusahaan teknologi keluarga senilai £ 430 juta atau Rp 8,1 triliun.

Baca Juga: Bio Pad, Teknologi Pembuat Air Heksagonal dalam Water Dispenser, Solusi Jaga Kesehatan

Akshata Murthy dan keluarga menjadi pemegang portofolio kepemilikan saham jutaan pound. Ia bertemu Rishi  saat masih berkuliah di Universitas Stanford, California.

Akshata sendiri putri salah satu orang terkaya di India, miliarder N.R. Narayana Murthy  yang dijuluki Bapak Sektor IT India dan masuk dalam daftar 12 pengusaha terbesar sepanjang masa.

Sementara itu, sang suami merupakan putra dari pasangan apoteker India yang beremigrasi ke Southampton dari Afrika Timur pada 1960-an.

Rishi belajar di Universitas Oxford sebelum mendapat beasiswa Fulbright ke Stanford di mana  ia bertemu Akshata.

Baca Juga: Menteri Agama Sebut Ekstrimisme Agama Masuk ke Sekolah Lewat Guru, Ekstrakulikuler dan Kurikulum

Isu kekayaan Akshata ramai setelah Rishi  menghadapi tuntutan untuk mengungkap rincian finansialnya bulan lalu.

Penunjukan Rishi sebagai Sekretaris Kepala Departemen Keuangan Juli lalu tanpa laporan keuangan dianggap layaknya kepercayaan buta.

Terungkap juga keluarga sang istri yeng memiliki 0,91 persen saham Infosys dengan total £ 430 juta, memiliki usaha patungan dengan Amazon.

Baca Juga: Jelang Natal, Prancis Tutup 80 Masjid ISIS Bertekad Sapu Eropa dengan Gelombang Teror

Selain Bisnis  senilai £ 900 juta atau Rp 17 triliun setahun itu, mereka juga pemilik saham  perusahaan rantai makanan Italia dan burger Jamie milik Jamie Oliver, Wendy's di India.

Sebelum menjadi Kanselir, Rishi  lebih dikenal di India daripada di Inggris. Namun namanya melejit di dunia politik dan kian mapan setelah  menikahi putri orang terkaya ke-51 di India atau ke-1.135 dalam daftar miliarder dunia versi Forbes.

Baca Juga: KPK Panggil Sekda Kota Cimahi Sebagai Saksi Ajay, Ada Nama Akhmad Saikhu yang Ikut Diperiksa

Mertua Rishi yang juga ayah dua anak asal  Bangalore, India,  lulus dengan gelar Master sains dari Indian Institute of Technology sebelum menjadi salah satu pendiri dan ketua Infosys.

Dia menghabiskan 30 tahun di perusahaan sebelum mengundurkan diri  pada 2011 dan dua tahun kemudian sebelum  menyerahkan manajemen pada CEO  tahun 2014.

Raksasa teknologi itu bernilai sekitar £ 2 miliar atau Rp 38 triliun ketika Rishi yang lahir di Southampton melakukan perjalanan dengan beasiswa Fulbright ke Universitas Stanford California, di mana dia bertemu calon istrinya setelah mengambil Filsafat, Politik dan Ekonomi di Oxford.

Halaman:

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x