PBB Cabut Ganja dari Narkoba Berbahaya, Iwan Fals: Wah Keren Nih, Alhamdulillah

- 4 Desember 2020, 14:49 WIB
Musisi legendaris, Iwan Fals. /Instagram @iwanfals


GALAMEDIA - Musisi senior di tanah air Iwan Fals mengungkapkan rasa senangnya terkait keputusan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) merestui rekomendasi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) untuk menghapus ganja dari kategori obat paling berbahaya di dunia dan bisa digunakan untuk keperluan medis.

Pernyataan itu disampaikannya melalui akun Twitter @iwanfals. Ia mengunggah foto yang membuat judul berita berbunyi 'PBB Cabut Ganja dari Narkoba Berbahaya, Izinkan untuk Obat Medis.

"Wah keren nih, Alhamdulillah," tulis Iwan singkat.

Sebelumnya, Komisi PBB mengadakan pemungutan suara terkait rekomendasi WHO soal ganja. Pemungutan suara tersebut dilakukan oleh Komisi Obat Narkotika (CND) oleh 53 negara anggota.

Sekitar 27 suara menyatakan dukungan dengan mengizinkan penggunaan ganja untuk tujuan medis. Sekitar 25 suara menyatakan keberatan dan satu suara abstain.

Usulan untuk menghapus ganja dari daftar obat paling berbahaya telah diusulkan selama 59 tahun terakhir.

Baca Juga: Ingat Tsunami Aceh 2004, Anak Buah SBY Sebut Hanya Ada FPI dan TNI Mengangkut Ribuan Mayat

Para ahli mengatakan bahwa pemungutan suara tidak akan langsung berdampak pada pelonggaran kontrol internasional karena pemerintah masih memiliki yurisdiksi tentang bagaimana mengklasifikasikan ganja.

Namun tidak sedikit negara yang menganggap hal ini menuju konvensi global sebagai panduan. Sementara pengakuan PBB adalah kemenangan simbolis bagi para pendukung perubahan kebijakan narkoba.

"Ini adalah kemenangan besar dan bersejarah bagi kami, kami tidak bisa berharap lebih," kata peneliti independen untuk kebijakan narkoba, Kenzi Riboulet-Zemouli seperti mengutip New York Times.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X