Kementerian Sosial RI Gandeng YPJI Salurkan 10.000 Paket Bantu Jurnalis

- 4 Desember 2020, 19:16 WIB
Menteri Sosial Juliari P Batubara menyerahkan 10.000 paket bantuan untuk jurnalis secara simbolis di Sekretariat YPJI, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis 3 Desember 2020.
Menteri Sosial Juliari P Batubara menyerahkan 10.000 paket bantuan untuk jurnalis secara simbolis di Sekretariat YPJI, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis 3 Desember 2020. /Eddie Karsito/

GALAMEDIA - Kementerian Sosial Republik Indonesia menyerahkan 10.000 paket bantuan sosial kepada Yayasan Peduli Jurnalis Indonesia (YPJI).

Penyerahan bantuan dilakukan secara simbolis oleh Menteri Sosial Republik Indonesia, Juliari P Batubara, di Sekretariat YPJI, di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Kamis 3 Desember 2020.

Dalam sambutannya, Mensos mengatakan, bantuan sosial yang disalurkan diharapkan dapat membantu para jurnalis di masa pandemi Corona Covid-19 ini.

“Semoga bantuan ini bermanfaat. Banyak dan sedikit tergantung yang menerima. Dalam masa pandemi ini kita sudah 9 bulan masih memberikan bantuan barang dan uang,” ujar Juliari P Batubara.

Baca Juga: Sebut Susi Pudjiastuti Keliru, Adik Prabowo Subianto: Banyak Budidaya Nelayan Miskin Tutup

Pada kesempatan tersebut hadir Ketua Dewan Pembina YPJI, Agus A Mile, dan Ketua Umum YPJI, Andi Arief.

Menurut Andi Arief, bantuan yang diberikan Kemensos saat ini merupakan bantuan tahap kedua. “Pandemi Covid-19 berimbas ke berbagai sektor, termasuk profesi jurnalis. Oleh karena itu bantuan Pemerintah ini kami manfaatkan sebaik-baiknya, khususnya membantu sahabat jurnalis yang terdampak. Termasuk kami salurkan kepada para pihak yang berhak menerima,” ujar Andi.

Pada kesempatan tersebut Mensos mengucapkan terima kasih kepada media yang selama ini memberikan bantuan kepada Kemensos. Apalagi, peran media sejauh ini memang sangat membantu program-program pemerintah.

“Tidak bisa dipungkiri, kita membutuhkan bantuan media. Tidak hanya di masa Covid-19 saja. Hubungan antara Kementerian dan media adalah saling menguntungkan. Tidak perlu dan harus membela, yang terpenting, kami meminta support atas pemberitaan kami,” ujar Juliari.

Namun meski begitu, Juliari menegaskan bahwa pihaknya juga membutuhkan kritik dalam melakukan kerja-kerja selama ini. Baginya, peran media tidak melulu menjadi corong pemerintah.

Baca Juga: Edhy Prabowo Diciduk Saat Gerindra Dapat Anugerah Partai Terbersih, Hashim: Saya Akan Awasi Kader!

“Kita butuh masukan yang konstruktif. Kalau kita kurang baik kinerjanya, atau program yang kurang bermanfaat, bilang saja. Bahkan bila ingin memberikan saran langsung kita sangat mengapresiasi. Kita berharap media bisa mengangkat pemberitaan yang membangun optimis buat yang pembaca,” ujar Juliari.

Bahkan, Juliari mewakili pemerintah meminta kepada media untuk memberitakan secara jujur kinerja pemerintah. “Kita tidak menutup mata adanya penyelewengan, tapi jangan beritanya mendominasi. Apalagi peran media sangat sentral,” ujar Juliari.

Sebelum menutup sambutannya, Juliari pun berharap program distribusi bantuan sosial kepada YPJI ini bisa terus dilakukan. “Semoga program seperti ini ke depannya terus bisa kita lakukan. Selain di luar pandemi. Buat teman-teman media, mohon jaga diri, agar tidak terkena virus Corona,” pungkas Juliari P Batubara./* Eddie Karsito

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x