Rombongan Habib Rizieq Ditembak, Laskar dan Jawara Siaga di Petamburan

- 7 Desember 2020, 15:27 WIB
Situasi di sekitar Jalan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta.
Situasi di sekitar Jalan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta. /Twitter/@QaillaAsyiqah/

GALAMEDIA - Setelah heboh insiden penembakan rombongan Habib Rizieq Shihab (HRS), Senin 7 Desember 2020, sejumlah Laskar Pembela Islam (LPI) dan "jawara" bersiaga di depan gang kediaman Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Mereka tampak berdiri dan duduk di pos yang ada di depan Jalan Petamburan III. Mereka nampak berjaga-jaga, memerhatikan setiap orang yang berlalu lalang dari dan ke Jalan Petamburan III tersebut.

Keberadaan HRS hingga saat ini belum diketahui, apakah masih berada di kediaman, di tempat lain, atau hendak menuju Mapolda Metro Jaya.

Hingga saat ini belum ada aktivitas menonjol di Petamburan. Sedangkan arus lalu lintas terpantau ramai lancar di lokasi.

Seperti diketahui Polda Metro Jaya menjadwalkan pemeriksaan terhadap HRS pada hari ini, Senin 7 Desember 2020. Sedianya, HRS bakal diperiksa terkait kasus dugaan sejumlah pelanggaran protokol kesehatan (prokes).

Baca Juga: Lokasi Habib Rizieq Dirahasiakan, Rombongan Bersama Balita Tiba-tiba Diadang dan Ditembak Preman OTK

Penyidik kepolisian telah melayangkan surat panggilan kedua kepada HRS beberapa waktu lalu. Surat panggilan kedua tersebut dilayangkan karena HRS tidak memenuhi panggilan pemeriksaan pertama dari pihak kepolisian.

Tak hanya Habib Rizieq, ada sepuluh orang lainnya yang juga dipanggil oleh pihak kepolisian pada hari ini. Sepuluh orang tersebut yakni, Habib Alwi Bin Alwi Alatas, Habib Ali Bin Abu Bakar Alatas, KH Syahib Jorban, Habib Idrus Bin Ali Al Habsi.

Kemudian, Muhammad Irfan (menantu Habib Rizieq), Najwa Shihab (putri Habib Rizieq), H Ahmad Sobri Lubis, Habib Idrus Al Gabrie, Husin Alatas, dan Thahir. Mereka dipanggil oleh Polda Metro Jaya untuk pertama kalinya terkait kasus kerumunan di Petamburan.

Terkait insiden penembakan, Ketua Umum Front Pembela Islam (FPI) Ahmad Shabri Lubis membeberkan peristiwa di Tol Cikampek, tepatnya dekat Pintu Tol Karawang Timur, Senin 7 Desember 2020.

Shabri menjelaskan kejadian tersebut bermula saat HRS bersama keluarganya hendak menuju acara pengajian subuh yang digelar khusus keluarga inti di wilayah yang tak disebutkan namanya pada Senin dini hari.

Baca Juga: Kedaulatan Negara Dirongrong, Presidium KAMI Kompak Sesalkan Pemerintah Bersikap Ghaib

"Bahwa semalam IB HRS (Imam Besar Habib Rizieq Shihab) dengan keluarga termasuk cucu yang masih balita, akan menuju tempat acara pengajian subuh keluarga, sambil memulihkan kondisi," kata Shabri dalam keterangan resminya, Senin 7 Desember 2020.

Tiba-tiba, rombongan HRS itu diadang oleh orang tak dikenal (OTK) di tengah perjalanan menuju lokasi. Ia menduga mereka merupakan bagian dari operasi penguntitan HRS.

"Para preman OTK yang bertugas operasi tersebut mengadang dan mengeluarkan tembakan kepada laskar pengawal keluarga," kata Shabri.

Shabri mengatakan orang-orang yang mengadang rombongan itu melakukan penembakan dan penculikan terhadap satu mobil yang berisi enam orang laskar. Sampai saat ini, kata dia, mereka yang diculik tersebut masih tak diketahui keberadaannya.

Baca Juga: Soal Asal Kata 'Allah', Begini Pendapat Para Ulama

"Kami mohon doa, agar satu mobil yang tertembak berisi 6 orang laskar yang diculik agar diberi keselamatan," kata dia.

Di sisi lain, Shabri tak menyebut kondisi HRS dan keluarganya usai insiden tersebut.

Ia menegaskan pihaknya tak akan membeberkan di mana lokasi HRS dan keluarganya saat ini. Hal itu bertujuan untuk menjaga keamanan dan keselamatan keluarga HRS.

"Karena semalam jelas ada upaya penembakan terhadap rombongan beliau dan sampai saat ini masih enam orang laskar yang hilang diculik," kata Shabri.

Sebelumnya Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan bentrokan tersebut menewaskan enam orang yang diduga pendukung Habib Rizieq.

Menurutnya, massa menyerang petugas yang sedang melakukan penyelidikan terkait rencana pemeriksaan Rizieq pada hari ini.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x