Dukung Komnas HAM Lakukan Pengusutan, Muhammadiyah Desak Polisi Bersikap Terbuka

- 8 Desember 2020, 09:16 WIB
Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti
Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti /dok.Muhammadiyah.or.id

GALAMEDIA - Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti mengapresiasi langkah Front Pembela Islam (FPI) yang meminta Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) untuk mengusut tuntas dugaan pelanggaran HAM oleh polisi.

"Saya juga mengapresiasi Komnas HAM  yang merespon positif dengan membentuk tim investigasi. Itu inisiatif dan jalan penyelesaian yg damai dan elegan," kata Abdul Mu'ti dalam akun Twitter @Abe_Mukti Selasa 8 Desember 2020.

Ia berharap aparat kepolisian bisa bersikap terbuka dan merespons permintaan invstigasi.

"Sebaiknya kepolisian bersikap terbuka dan merespon permintaan investigasi secara positif untuk menjawab berbagai spekulasi di masyarakat yang menengarai polisi telah melakukan kekerasan," ujarnya.

Baca Juga: Romo Syafii Sebut Penembakan 6 Anggota FPI Pelanggaran HAM Berat

Ia pun mengimbau kepada seluruh masyarakat, khususnya umat Islam, agar menyikapi masalah dengan jernih dan tenang serta tidak terprovokasi oleh berita yang tidak jelas sumbernya dan belum pasti kebenarannya.

Ia pun menyampaikan pernyataan Komnas HAM RI. Disebutkan Komnas HAM RI melalui Pemantauan dan Penyelidikan telah membuat Tim Pemantauan dan Penyelidikan.

Saat ini, Tim sedang mendalami informasi untuk memperdalam berbagai informasi yang beredar di publik.

Tim juga sedang mendalami informasi dan mengumpulkan fakta-fakta dari pihak langsung. Termasuk, menggali keterangan dari FPI secara langsung yang saat ini sedang berlangsung.

Baca Juga: Refly Harun Sayangkan Kasus Pelanggaran Prokes Berujung Penembakan Hingga 6 Nyawa Melayang

"Untuk memperkuat pengungkapan peristiwa yang terjadi, kami berharap semua pihak mau bekerja sama dan terbuka. Harapan ini juga kami sampaikan kepada pihak Kepolisian. Proses awal ini telah diperoleh beberapa keterangan secara langsung dan sedang dilakukan pendalaman," sebutnya.***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Pemilu di Daerah

x